Kunci Sukses : Tahan Emosi

Kunci Sukses : Tahan Emosi

Saat rekan kerja Anda bermasalah, saat Anda diperlakukan tidak adil, pastinya hal itu akan membuat kita marah dan kemudian akan membuat segala sesuatu lebih buruk. Namun, Tahukah Anda, bahwa saat kita emosi berlebihan, semua yang baik akan terlihat lebih buruk dan yang buruk menjadi lebih buruk lagi.

Emosi yang berlebihan akan sangat mengganggu performance kerja Anda. Hasil penelitian TalentSmart menguak kunci kesuksesan ternyata berasal dari kemampuan mengelola emosi dan bersikap tenang di bawah tekanan. Sekitar 90% orang sukses sangat ahli dalam mengatur emosi saat dilanda stres agar bisa kembali bersikap tenang dan tak keluar kendali. Dengan dapat mengelola emosi dengan baik, Anda akan lebih bisa untuk melihat permasalahan ini dengan mata terbuka, agar bisa lebih berpikir dingin.

Mengutip laporan Forbes, Senin (10/2/2014), stres di tengah pekerjaan dapat menguras emosi yang membuat banyak orang bersikap di luar kendali. Padahal, selama Anda dapat mengatur emosi dengan baik, stres tersebut dapat lebih cepat hilang. Dengan emosi yang berlebihan, otak akan lebih lambat dalam bekerja dan cenderung akan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan.

Orang sukses yang ahli menahan emosinya cenderung menghargai apa yang dimilikinya sehingga Ia akan lebih berpikir panjang dan kepala dingin saat mengambil keputusan. Ia cenderung bersyukur menghadapi berbagai permasalahan yang dialami sehingga mengurangi kemungkinan salah mengambil keputusan. Sikap tersebut dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres. Selain itu, kemampuan orang sukses menahan emosi membuatnya selalu berpikiran dan bersikap positif. Hal itu membuatnya cenderung lebih tenang dalam menghadapi berbagai tekanan di kantor maupun di tempat bisnisnya.

Jadi untuk bisa sukses dalam pekerjaan, sebaiknya belajar untuk menahan emosi Anda, jangan sampai emosi yang dikeluarkan terlalu banyak sampai bisa membuat Anda melupakan kesuksesan Anda sendiri. Mulailah berlatih cara mengendalikan emosi Anda, mulai dari dirumah Anda, karena emosi itu hal yang wajar, namun emosi yang berlebihan tidaklah wajar.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :

http://bisnis.liputan6.com/read/823191/studi-orang...

http://alqolam.com/mengontrol-emosi-kunci-sukses-d...

Share this Post:

Related Posts: