Tips Mengatur Gaji Bulanan dengan Baik

Tips Mengatur Gaji Bulanan dengan Baik

Mengatur gaji bulanan bukanlah hal yang mudah bagi kebanyakan orang, banyak yang tidak dapat mengelolanya secara baik. Akibatnya, gaji yang di terima pada awal bulan akan habis sebelum pertengahan bulan. Bagi anda yang tidak dapat mengelola gaji bulanan, berikut adalah tips-tips nya :

1. Buat Anggaran Bulanan.

Anda dapat merencenakan pengeluaran dari awal dengan membuat anggaran bulanan. Pisahkan kebutuhan primer dan sekunder. untuk kebutuhan primer, buatlah anggaran untuk makan, minum, ongkos, listrik, cicilan rumah dan lainnya. Sedangkan untuk kebutuhan sekunder, buatlah anggaran untuk shopping, nonton bioskop, liburan dan lainnya.

2. Bayar Tagihan dengan Segera.

Pada saat menerima gaji, segera bayar tagihan cicilan rumah ataupun motor di awal, hal ini bertujuan agar tidak mengganggu kebutuhan anda sehari-harinya.

3. Sisihkan untuk Tabungan

Anda dapat mencoba menyisihkan tabungan di awal. Tujuannya adalah untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidakpenting.

4. Membuat Laporan Keuangan Harian

Catat semua pengeluarah anda setiap harinya. Dengan begitu, anda dapat mengetahui untuk apa saja uang yang anda gunakan. Kegiatan ini juga membantu anda untuk berpikir barang-barang apa saja yang seharusnya tidak dibeli pada bulan selanjutnya.

5. Miliki Minimal 2 Rekening Bank.

Membuat lebih dari satu rekening bank memudahkan Anda untuk menabung, Anda dapat menggunakan rekening pertama untuk kebutuhan sehari-hari dan rekening kedua khusus untuk menabung.

6. Bijak Menggunakan Kartu Kredit.

Jika anda mempunyai kartu kredit, gunakan secara bijak, Anda dapat menggunakannya ketika ada promo barang-barang yang Anda butuhkan. Kemudian, segera lakukan pembayaran ketika memperoleh tagihan kartu kredit.

7. Lakukan Perbandingan.

Hal ini wajib Anda lakukan untuk mengetahui apakan pengeluaran sesuai dengan rencana anggaran, Anda perlu melakukan revisi jika pengeluaran melebihi rencana anggaran.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :

https://www.cermati.com/artikel/8-cara-cermat-mengatur-gaji-bulanan

Share this Post:

Related Posts: