Pilih Mana : Perusahaan Besar atau Perusahaan Kecil?

Pilih Mana : Perusahaan Besar atau Perusahaan Kecil ?

Memutuskan untuk bekerja perusahaan mana, tentu bukanlah hal yang mudah, Anda dapat dikatakan beruntung apabila lingkungan perusahaan yang anda pilih memang sesuai dengan apa yang diharapkan. Namun, jika memilih pekerjaan dan perusahaan yang ternyata tidak cocok untuk anda, akan sulit sekali untuk menjalaninya. Hal tersebut akan memengaruhi kinerja anda.

Terdapat berbagai perbedaan antara bekerja di perusahaan besar atau perusahaan kecil. Sebelum memutuskan, Anda perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari perusahaan besar ataupn kecil. Setiap pilihan, Anda tentunya mempunyai konsekwensi yang harus diterima. Berikut adalah kelebihan dan kerugian yang dapat dijadikan bahan pertimbangan :

1. Gengsi.

Bekerja di perusahaan ternama memang dapat meningkatkan gengsi, Anda akan lebih percaya diri ketika memperkenalkan jabatan dan melakukan negosiasi dengan pihak luar. Hal ini belum tentu dirasakan jika bekerja di perusahaan kecil. Tetapi gengsi tinggi belum tentu sesuai dengan gaji yang diharapkan. Seringkali gaji yang diperoleh lebih tinggi di perusahaan yang lebih kecil dibandingkan dengan bekerja di perusahaan besar. Bila menjadi masalah, Anda dapat mencoba untuk melamar di perusahaan lain dengan meminta posisi dan gaji yang lebih tinggi.

2. Prosedur Perusahaan.

Perusahaan besar memiliki prosedur yang teruji sehingga hak, kewajiban dan tugas karyawannya menjadi jelas. Anda hanya perlu bekerja mengikuti aturan saja, hal ini akan sulit bagi anda yang memiliki jiwa kreatif, sulit menyampaikan pendapat karena harus mengikuti prosedur yang ada terlebih dahulu. Berbeda dengan perusahaan besar, jika bekerja di perusahaan kecil, ide yang disampaikan dapat langsung terdengar oleh atasan. Jika atasan tertarik dengan ide Anda dapat langsung diimplenetasikan sehingga Anda akan lebih cepat berkembang.

3. Kompetisi.

Dalam berkompetisi, akan lebih mudah dilakukan di perusahaan kecil, terlebih bagi Anda yang memiliki performa kerja yang baik. Jika bekerja di perusahaan besar, persaingan akan menjadi lebih ketat dan tentu saja dibarengi dengan permainan politik kantor.

4. Networking.

Membangun networking sangatlah penting untuk kesuksesan di masa depan. Perusahaan besar biasanya memiliki banyak mitra dan karyawan sehingga dapat menambah relasi. Lain halnya jika bekerja di perusahaan kecil, tingkat relasi yang dapat Anda raih akan lebih sedikit.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :

http://www.tiptipseru.com/2011/04/18/tips-memilih-berkarir-di-perusahaan-besar-atau-perusahaan-kecil/

http://blog.id.jobplanet.com/pilih-yang-mana-perusahaan-besar-dengan-gaji-kecil-atau-perusahaan-kecil-dengan-gaji-besar/

Share this Post:

Related Posts: