Hari Ulang Tahun ASEAN 2017

50th ASEAN Day

(8 Agustus 2017)

Pada tanggal 8 Agustus 1967, Indonesia yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri Adam Malik, Malaysia yang diwakili oleh Menteri Pertahanan dan Menteri Pembangunan Nasional Tun Abdul Razak, Filipina yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri Narciso Ramos, Singapura yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri S. Rajaratnam, dan Thailand yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri Thanat Khoman, menandatangani Deklarasi ASEAN atau yang dikenal dengan Deklarasi Bangkok. Penandatanganan Deklarasi Bangkok tersebut menandakan bahwa organisasi kawasan yang diberi nama Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Association of Southeast Asian Nations/ASEAN) telah resmi didirikan.

Isi dari Deklarasi Bangkok adalah :

  • 1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara
    2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
    3. Meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi
    4. Memelihara kerja sama yang erat di tengah-tengah organisasi regional dan internasional yang ada
    5. Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara.

ASEAN meliputi wilayah daratan seluas 4.46 juta kmĀ² atau setara dengan 3% total luas daratan di Bumi dan memiliki populasi yang mendekati angka 600 juta orang atau setara dengan 8.8% total populasi dunia yang terdiri atas Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja. Sejak beberapa tahun terakhir, ASEAN telah mencoba untuk melakukan perluasan keanggotaan ke Bangladesh, Palau, Papua Nugini, Taiwan dan Timor Leste guna kepentingan geografis, ekonomis dan politik yang strategis.

Pada ulang tahun ASEAN ke-50 pada tanggal 8 Agustus 2017 mendatang, pentingnya para generasi muda untuk memiliki nilai tambah yang kompetitif, percaya diri dan mampu menjadi problem solvers terutama dalam mewujudkan visi ASEAN 2025, yaitu menciptakan kawasan ASEAN yang bebas narkotika. Selain itu peringatan 50 tahun ASEAN juga menekankan pada pentingnya generasi muda untuk memahami dan berperan serta memanfaatkan platform bisnis e-commerce, sebuah platform bisnis yang dianggap efisien dan inovatif, yang dapat meningkatkan mutu produk dan kecepatan pelayanan yang menjadi nilai tambah bagi bisnis itu sendiri terlebih dalam konteks perdagangan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

ASEAN: A Community of Opportunities. One Vision, One Identity, One Community.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:

https://id.wikipedia.org/wiki/Perhimpunan_Bangsa-B...

http://www.kemlu.go.id/id/kebijakan/asean/Pages/Se...

https://kumparan.com/direktorat-jenderal-kerja-sam...

http://kemlu.go.id/id/berita/Pages/50-Tahun-ASEAN,...

Share this Post:

Related Posts: