Nelson Mandela’s Day

Nelson Mandela’s Day

(18 Juli 2017)

Afrika Selatan merupakan salah satu negara tertua di benua Afrika. Afrika selatan bertetangga dengan Namibia, Botswana, Zimbabwe, Mozambik dan Swaziland. Luas wilayah negara Afrika Selatan adalah 1.221.037 km2 dengan jumlah penduduk pada tahun 2015 mencapai 54.956.900 jiwa. Afrika Selatan memperoleh kemerdekaannya dari Britania Raya pada tahun 1961.

Pada tahun 1930-an, Afrika Selatan dikuasi oleh dua bangsa kulit putih, yaitu koloni Inggris di Cape Town dan Namibia serta Afrikaner (Belanda) di Pretoria dan Johannesburg. Oleh para Afrikaner dibuatlah kebijakan politik yang disebut dengan Apartheid. Apartheid merupakan diskriminasi ras yang diselenggarakan guna mengawal sistem ekonomi dan sosial di Afrika Selatan yang didominasi oleh kulit putih.

Nelson Mandela, yang lahir pada 18 Juli 1918, merupakan seorang revolusioner anti-apartheid dan terpilih melalui keterwakilan penuh dalam sebuah pemilu multiras sebagai Presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan. Nelson Mandela terpilih menjadi Presiden Afrika Selatan setelah sebelumnya mengalami total 27 tahun masa kurungan penjara karena dianggap melakukan aktivitas penghasutan dan dituduh melakukan sabotase guna menggulingkan pemerintahan.

Adanya penerapan kebijakan politik Apartheid membuat Afrika Selatan diisolasi oleh masyarakat internasional. Afrika Selatan mengalami sanksi perdagangan dan politik keuangan, larangan untuk mengikuti kejuaraan dan olimpiade internasional, hingga tekanan protes di jalanan. Hal tersebut mengakibatkan pemerintahan Frederik Willem de Klerk, Presiden yang menjabat saat itu, mengumumkan penghapusan 3 butir undang-undang yang memperkuat kebijakan Aparteid, yaitu undang-undang yang melarang orang kulit hitam memiliki pemukiman diluar batas yang ditentukan (Land Act), undang-undang yang mengatur pemisahan tempat tinggal orang-orang kulit putih dan kulit hitam (Group Areas Act), serta undang-undang yang mewajibkan orang-orang kulit hitam untuk mendaftarkan diri sesuai kelompoknya (Population Registration Act). Klerk juga mengumumkan pembebasan Nelson Mandela pada tanggal 10 Februari 1990.

Setelah bebas, Nelson Mandela dijuluki sebagai "bapak bangsa" dan memperoleh pengakuan internasional atas sikap antikolonial dan antiapartheidnya. Selain itu, Mandela juga menerima lebih dari 250 penghargaan termasuk Nobel, Medali Kebebasan Presiden Amerika Serikat, dan Order of Lenin dari Uni Soviet.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:

https://id.wikipedia.org/wiki/Afrika_Selatan

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_Presiden_Afrika_Selatan

Share this Post:

Related Posts: