The Real Reasons You are Unhappy at Work

The Real Reasons You are Unhappy at Work

Banyak yang menyatakan bahwa, apabila pekerjaan yang sedang dijalani tidak menyenangkan maka tinggalkanlah. Quit that job that makes you unhappy. Gaji dan tunjangan yang tidak memadai, lingkungan dan suasana kerja yang tidak bersahabat, hingga atasan yang mendiskreditkan prestasi kerja menjadi alasan eksternal suatu pekerjaan tidak menyenangkan. Namun, bagaimana kalau ternyata yang membuat pekerjaan anda tidak menyenangkan adalah diri anda sendiri ? You are the reason you’re unhappy at work.

Selama ini Anda membiarkan diri anda untuk terus menerus merasa tidak bahagia dengan cara memasukkan semua hal ke dalam hati. You are sabotaging your self not to be happy by take things personally. Ketika mendapat negative feedback atau kritik dari atasan, Anda langsung merasa kesal dan merasa terintimidasi. Padahal, kritik dapat membantu untuk mengetahui segala kekurangan Anda, sehinggaberkesempatan untuk meningkatkan kualitas diri. Kritik juga dapat dianggap sebagai suatu bentuk perhatian, karena jika dibandingkan dengan orang yang tidak memberikan komentar sama sekali, keberadaan orang yang memberi kritik tersebut lebih bermanfaat dalam menjadikan diri Anda sebagai pribadi yang lebih baik.

Selain itu, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap karyawan ingin gagasannya didengar dan direalisasikan. Tetapi sebuah organisasi atau perusahaan akan selalu mendahulukan untuk realisasi kebutuhan yang dianggap mendesak dan penting. Hal tersebut dapat membuat karyawan, mungkin juga Anda, merasa tidak senang dan memutuskan untuk berhenti memberikan gagasan. Padahal, mungkin saja gagasan Anda bukan tidak direalisasikan tetapi hanya tertunda realisasinya sampai waktunya dianggap tepat. At the end of the day, you can’t expect things to happen overnight, because life won’t always go your way. Hidup tidak selalu berjalan sesuai dengan rencana anda.

Walaupun lebih mudah untuk menyalahkan faktor eksternal sebagai penyebab suatu pekerjaan tidak menyenangkan bagi Anda, tetapi dengan menyadari dan mengakui bahwa ternyata Anda-lah penyebabnya, maka dapat membuat lebih mudah untuk move on. Mengakui bahwa Anda merupakan penyebab suatu pekerjaan tidak menyenangkan dapat mempermudah Anda untuk mengambil sikap dan mengubah keadaan ke arah yang lebih baik. You shouldn’t default to assuming it’s your job that’s the problem.

Don’t play victim to circumstances you created, because no person playing victim ever changed the world.

By ; Recruitment Corporate PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:

https://id.linkedin.com/pulse/penyebab-orang-pindah-kerja-perusahaan-eddy-sunandar-s-han

https://www.themuse.com/advice/its-not-your-job-its-you-the-real-reasons-youre-unhappy-at-work

http://www.hipwee.com/motivasi/saat-kritik-datang/

Share this Post:

Related Posts: