Hari Bank Indonesia (5 Juli 2017)

Hari Bank Indonesia

Hari Bank Indonesia diperingati setiap tanggal 5 Juli, Bank Indonesia telah banyak membantu masyarakat di Indonesia dalam hal finansial. Dengan begitu, Negara Indonesia dapat membangun negaranya menjadi lebih baik secara mudah.

Bank Indonesia merupakan lembaga negara yang independen, memiliki kewenangan penuh dalam menjalankan tugas dan terlepas dari campur tangan pihak lain. Hal tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang. Bank Indonesia dipimpin oleh Gubernur (Ketua), dibantu oleh seorang Deputi Gubernur Senior (Wakil), serta empat sampai tujuh Deputi Gubernur. Mereka diusulkan oleh Presiden Republik Indonesia dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat.

Bank Indonesia memiliki tujuan utama, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah, baik terhadap barang dan jasa maupun terhadap mata uang negara lain. Untuk mengukur nilai kestabilan terhadap barang dan jasa, dapat dilihat melalui perkembangan inflasi. Sementara terhadap mata uang negara lain, dapat dilihat melalui nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lainnya. Itulah cara masyarakat maupun pemerintah melihat kinerja dari Bank Indonesia.

Dalam mencapai tujuan tersebut, Bank Indonesia memiliki tugas utama, di antaranya adalah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta menjaga stabilitas sistem keuangan. Masyarakat tentu dapat membantu Bank Indonesia dalam mencapai tujuannya, caranya adalah dengan tidak melakukan transaksi dengan mata uang negara lain serta membeli dan menggunakan produk-produk buatan lokal.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :

https://www.cermati.com/artikel/mengenal-bank-indonesia-sejarah-berdiri-tugas-dan-tujuannya

Share this Post:

Related Posts: