Perkembangan Media Sosial di Indonesia

Perkembangan Media Sosial di Indonesia

(10 Juni 2017)

Data yang dirilis oleh situs wearesocial.com pada tanggal 26 Januari 2017, jumlah penduduk Indonesia telah mencapai 262 juta jiwa dengan internet user mencapai 132.7 juta jiwa dan social media user mencapai 106 juta jiwa. Artinya, internet user di Indonesia telah mengalami penetrasi sebesar 51% dan social media user sebesar 40%, apabila dibandingkan dengan data yang dirilis pada tahun 2016. Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan bahwa 65% internet user Indonesia berada di pulau Jawa, 15.7% berada di Sumatra, 6.3% di Sulawesi, 5.8% di Kalimantan, 4.7% di Bali dan Nusa Dua, serta 2.5% di Maluku dan Papua.

Sementara itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Statista, media sosial yang paling populer dikalangan social media user Indonesia adalah Facebook, Instagram, Path, dan juga Twitter. Pengguna facebook di Indonesia tercatat lebih dari 11 juta jiwa dan mayoritasnya berada dalam rentang usia 30 - 35 tahun. Untuk Instagram dan Path didominasi oleh pengguna yang berada dalam rentang usia 20 - 25 tahun. Sedangkan pengguna Twitter asal Indonesia, khususnya Jakarta, memposting 2,4% dari total keseluruhan 10,6 juta tweet per hari di seluruh dunia.

Umumnya, internet user Indonesia menghabiskan 4 jam 42 menit untuk surfing internet dengan menggunakan laptop/PC dan 3 jam 33 menit menggunakan perangkat mobile, serta menghabiskan 2 jam 51 menit untuk mengakses media sosial baik menggunakan laptop/PC ataupun perangkat mobile. Sedangkan alasan utama para internet user tersebut mengakses media sosial adalah untuk mengisi waktu luang, bersosialisasi, mencari hiburan, dan berbisnis (online shop).

Lalu bagaimana cara menggunakan media sosial secara bijak ? Selalu perhatikan etika dan norma, pastikan apa yang diposting tidak mengandung unsur SARA, cantumkan sumber konten ketika memposting sesuatu yang merupakan karya orang lain, dan jangan merepost sesuatu yang belum jelas sumber dan kebenarannya.

We don’t have a choice on whether we do social media, the question is how well we do it. - Erik Qualman

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:

https://id.techinasia.com/pertumbuhan-pengguna-internet-di-indonesia-tahun-2016

http://www.kompasiana.com/anggit28/media-sosial-paling-banyak-digunakan-2016_586f082cd07a61750511493c

Share this Post:

Related Posts: