Artikel - Makna Persahabatan yang Sesungguhnya

artikel-makna-persahabatan-yang-sesungguhnya_3rC3.jpg

Makna Persahabatan yang Sesungguhnya


Jika kamu ditanya, apakah kamu memiliki sahabat? Jawabannya pasti “iya, aku memiliki sahabat.” tapi, apakah kamu sendiri bisa mendefinisikan arti persahabatan atau kesetia kawanan? Belum tentu. Terkadang, orang akan menilai seseorang adalah sahabatnya hanya karena adanya kedekatan anatara kedua belah pihak dalam waktu tertentu. Lantas, apakah arti persahabatan itu sendiri?

"Persahabatan" menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan dan afeksi. Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain, seringkali hingga pada altruisme. Selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif.

Seseorang dapat dikatakan sahabat bila ia mampu membuat kamu menjadi diri kamu sendiri, menegurmu bila kamu salah, membelamu bila kamu benar, dan menolongmu bila kamu membutuhkan. Seorang sahabat sejati tidak akan pernah meninggalkan meskipun pernah dikecewakan oleh kamu. Jika kamu sudah menemukan seorang sahabat itu maka jalinlah hubungan persahabatan kalian dengan baik. Jadilah pendengar yang baik untuknya, jadilah orang yang dapat mengerti bagaimana karakter sahabatmu, jagalah kepercayaan yang telah diberikan kepadamu, dan jadilah sahabat yang supportif jangan iri terhadap pencapaian sahabatmu tapi berikan apresiasi, hal terpenting lainnya adalah berani mengucapkan maaf jika kamu salah dan berani memaafkan jika temanmu salah dengan begitu persahabatanmu akan menjadi jauh lebih indah.

Namun, dalam sebuah persahabatan ada hal yang harus diingat yaitu, dekat bukan berarti harus bergantung satu sama lain. Kalian harus ingat sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Berikan sahabatmu ruang untuk berkembang dengan dirinya sendiri menjauhlah sedikit jika hubungan kalian sudah terlalu dekat karena bagaimana pun juga bila hubungan terlalu dekat akan membawa permasalahan yang tidak baik. Lalu, apakah kamu sudah benar-benar menemukan sosok sahabat sejati?

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
kamimemberi.wordpress.com
www.kursksalvage.com

Share this Post:

Related Posts: