Artikel - Hari Hak Asasi Manusia

artikel-hari-hak-asasi-manusia_IBB0.jpg

Hari Hak Asasi Manusia


HAM adalah singkatan dari Hak Asasi Manusia, dimana masing-masing kata tersebut memiliki makna. Kata “Hak” dalam hal ini berarti sebagai kepunyaan atau kekuasaan atas sesuatu, sedangkan “Asasi” adalah sesuatu hal yang utama dan mendasar. Jadi, pengertian HAM secara singkat adalah suatu hal yang mendasar dan utama yang dimiliki oleh manusia.

Berikut ini adalah macam-macam Hak Asasi Manusia, yaitu:

1. Hak Asasi Pribadi (Personal Rights)
Ini merupakan hak asasi yang berhubungan dengan kehidupan pribadi setiap individu. Beberapa contoh hak asasi pribadi adalah kebebasan untuk bepergian, bergerak, berpindah ke berbagai tempat., kebebasan dalam menyampaikan pendapat, kebebasan dalam berkumpul dan berorganisasi, kebebasan dalam memilih, memeluk, dan menjalankan agama dan kepercayaan sesuai keyakinan masing - masing individu.

2. Hak Asasi Politik (Political Rights)
Ini merupakan hak asasi yang terkait dengan kehidupan politik seseorang. Beberapa contoh hak asasi politik adalah hak untuk untuk dipilih dan memilih dalam suatu pemilihan, hak dalam keikutsertaan kegiatan pemerintahan, hak dalam mendirikan partai politik dan organisasi politik dan hak dalam membuat usulan petisi.

3. Hak Asasi Hukum (Legal Equality Rights)
Ini adalah hak mendapatkan kedudukan yang sama dalam hukum dan pemerintahan. Beberapa contoh hak asasi hukum adalah hak untuk mendapat perlakukan yang sama dalam hukum dan pemerintahan, hak seseorang untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil, dan hak untuk mendapatkan perlindungan hukum.

4. Hak Asasi Ekonomi (Property Rights)
Ini merupakan hak masing-masing individu terkait dengan kegiatan perekonomian. Beberapa contoh hak-hak asasi ekonomi adalah kebebasan dalam kegiatan jual-beli, melakukan perjanjian kontrak, penyelenggaraan sewa - menyewa dan hutang-piutang, kebebasan dalam memiliki pekerjaan yang pantas.

5. Hak Asasi Peradilan (Procedural Rights)
Ini merupakan hak untuk mendapat perlakuan sama dalam tata cara pengadilan. Beberapa contoh hak - hak asasi peradilan adalah hak untuk mendapatkan pembelaan hukum di pengadilan, hak untuk mendapatkan persamaan atas perlakuan penggeledahan, penangkapan, penahanan, dan penyelidikan di muka hukum.

6. Hak Asasi Sosial Budaya (Social Culture Rights)
Ini merupakan hak individu terkait dengan kehidupan bermasyarakat. Beberapa contoh hak asasi sosial budaya adalah hak untuk menentukan, memilih, dan mendapatkan pendidikan, dan hak untuk mengembangkan budaya yang sesuai dengan bakat dan minat.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk   

References:
www.maxmanroe.com

Share this Post:

Related Posts: