Artikel - Hari Anti Korupsi

artikel-hari-anti-korupsi_I2Mt.jpg

Hari Anti Korupsi


Korupsi adalah tindakan seseorang yang menyalahgunakan kepercayaan dalam suatu masalah atau organisasi untuk mendapatkan keuntungan. Tindakan korupsi ini terjadi karena beberapa faktor yang terjadi di dalam kalangan masyarakat.

Dan apapun alasannya, korupsi merupakan tindakan yang merugikan banyak pihak, antara lain adalah :

1. Korupsi akan mempersulit pembangunan ekonomi dengan membuat distorsi dan inefisiensi yang tinggi. Di sektor swasta, korupsi meningkatkan biaya perdagangan karena kerugian dari pembayaran ilegal, biaya manajemen dalam negosiasi dengan pejabat korupsi, dan resiko pembatalan perjanjian atau untuk penyelidikan.

2. Bukan rahasia jika dana untuk membangun insfrastruktur publik merupakan dana yang sangat besar jika dilihat dalam catatan. Nyatanya, saat dana tersebut melewati para pejabat-pejabat pemerintahan, dana tersebut mengalami pangkas sana-sini sehingga dalam pengerjaan insfrastruktur tersebut menjadi minim keselamatan. Hal tersebut terjadi karena tingginya resiko yang timbul ketika korupsi tersebut memangkas dana menjadi sangat minim pada akhirnya.

3. Dampak lainnya adalah hilangnya budaya jujur. Bagi pelaku korupsi, ia akan dikuasai oleh rasa tak pernah cukup. Ia akan terus-menerus melakukan upaya untuk menguntungkan diri sendiri sehingga lambat laun ia akan menuhankan materi. Bagi masyarakat umum, tingginya tingkat korupsi, lemahnya penegakan hukum, akan membuat masyarakat meninggalkan budaya kejujuran dengan sendirinya. Pengaruh dari luar akan membentuk kepribadian yang tamak, hanya peduli pada materi, dan tidak takut pada hukum.

Ketiga hal diatas hanyalah beberapa contoh damapk dari korupsi, semuanya negatif. Akan banyak kerugian bila sekelompok pihak atau bahakan hanya satu orang saja yang melakukan korupsi. Lantas, tidak ada alasan untuk melakukan korupsi dan menerimanya untuk keperluan pribadi.mari bersama-sama berani melawan korupsi dan berkata tidak pada korupsi.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
www.kompasiana.com
guruppkn.com
www.kompasiana.com

Share this Post:

Related Posts: