Antara Pendidikan dan Pengalaman Kerja, Manakah yang Lebih Penting?


Antara Pendidikan dan Pengalaman Kerja, Manakah yang Lebih Penting?

Ketika melihat suatu lowongan pekerjaan pada sebuah website atau job portal, tidak jarang menemukan kalimat “kandidat harus memiliki gelar minimal sarjana S1” atau “kandidat harus memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun” sebagai syarat yang diajukan oleh perusahaan. Lalu, manakah yang sebenarnya lebih penting ?

Sebagian besar beranggapan bahwa pengalaman kerja merupakan hal yang lebih penting apabila dibandingkan dengan pendidikan. Dengan mempekerjakan seseorang yang sudah memiliki pengalaman kerja, perusahaan akan mendapatkan sumber daya manusia yang mengerti etika dan seluk beluk industri, dapat mencari jalan keluar bagi suatu masalah, serta memahami cara membawa diri di lingkungan pekerjaan. Namun pada kenyataanya, ada pula jenis pekerjaan atau sektor industri yang lebih mementingkan gelar pendidikan, contohnya adalah industri sains dan teknologi.

Dari pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa baik pendidikan maupun pengalaman kerja memiliki peran yang penting, tergantung pada jenis pekerjaan ataupun sektor industri yang diincar. Namun, tentu saja akan lebih baik apabila kita memiliki pendidikan dan pengalaman kerja yang saling melengkapi dan menyeimbangi.

Jika anda sudah memenuhi syarat pendidikan namun memiliki pengalaman kerja yang terbatas, anda bisa memulai untuk mencari kesempatan magang, kerja paruh waktu ataupun melakukan kegiatan kerja secara suka rela (volunteer). Sebaliknya, jika anda memiliki pengalaman kerja yang mumpuni namun memiliki pendidikan yang terbatas, anda bisa memulai untuk mengikuti kelas-kelas seminar ataupun pelatihan-pelatihan keterampilan. Dengan melakukan hal tersebut, pendidikan dan pengalaman kerja dapat saling melengkapi dan menyeimbangi. Sehingga kesempatan untuk mendapatkan karir impian akan terbuka semakin lebar.

Dimana ada kemampuan, disitu pasti ada jalan. Jangan membiarkan keterbatasan, menjadi penghalangdalam mendapatkan karir impian.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:

http://www.qerja.com/journal/view/137-pendidikan-vs-pengalaman-kerja-mana-yang-lebih-penting/

Share this Post:

Related Posts: