Peran Ibu dalam Keluarga




Peran Ibu dalam Keluarga


Kita tentunya harus memberikan apresiasi yang tinggi untuk para ibu hebat di seluruh dunia. Mengapa? Karena menjadi seorang ibu bukan pekerjaan yang mudah. Ibu adalah sosok hebat yang mampu melakukan tugas-tugasnya tanpa mengenal lelah. Ia bisa menjadi apa saja di dalam sebuah keluarga. Begitu krusial peran yang di emban oleh seorang ibu, menjadikan ibu sosok yang tangguh dalam mengurus rumah tangganya. Disamping itu pula, sosok ibu menjadi orang yang luar biasa ajaib, dimana ia mampu menjalankan berbagai peran ganda sekaligus dalam satu waktu. Luar biasa bukan? Berikut adalah beberapa peran ibu dalam keluarga.

1. Manajer untuk mengatur urusan rumah tangga
Ibu sebagai seorang manajer keluarga yang memiliki wewenang dalam mengatur semua hal yang terjadi dalam keluarga. Ia yang mengatur segala kebutuhan, perencanaan, penyelesaian masalah, keuangan, dan banyak hal lainnya.

2. Guru yang mendidik anak-anak
Layaknya seorang guru, ibu memiliki peran penting dalam mendidik anak-anaknya mengenai pendidikan iman, moral, fisik dan jasmani, intelektual, psikologis, dan juga sosial. Melalui didikan seorang ibu, kepribadian seorang anak bisa terbentuk dengan baik karena ibu terus membimbingnya tanpa lelah sejak anak masih kecil.

3. Koki yang menyediakan makanan keluarga
Seorang ibu juga bisa berperan menjadi koki yang handal, yang bisa memasak makanan yang sehat dan bergizi untuk keluarganya di rumah. Masakan ibu selalu menjadi yang paling enak dan dirindukan oleh anggota keluarga. Masakan ibu dirasa memiliki cita rasa yang khas dan tidak ada orang lain yang bisa memasak seenak masakan ibu.

4. Perawat sekaligus dokter
Saat suami dan anak sedang jatuh sakit, ibulah dokter pertama yang akan menyadarinya.
Ibu akan memberikan obat yang terbaik untuk anggota keluarga yang sakit, menemani berobat, mengurus segala keperluan pengobatan, dan memperhatikan perbaikan atau perburukan kondisi untuk mencari alternatif pengobatan dari berbagai sumber.

Dengan peran ibu yang begitu besar, jangan sampai melewatkan apalagi luput untuk berterima kasih dan membahagiakannya.
Sudahkah kita mengucapkan terima kasih kepada ibu kita?

References:
www.tehsariwangi.com

dosenpsikologi.com

Share this Post:

Related Posts: