Ayah Ideal




Ayah Ideal


Ayah adalah sosok pria yang memiliki kedudukan khusus di dalam sebuah keluarga yaitu pemimpin keluarga. Ibarat kapal layar, ayah adalah seorang nakhoda yang menentukan ke mana arah jalannya kapal, menentukan bagaimana kapal beroperasi, memimpin para awak dalam berbagai kondisi, dan mengayomi awak-awak yang menaruh kepercayaannya pada sang nakhoda. Lantas, bagaimana idealnya ayah menjalankan perannya dalam keluarga?

1. Tanggung jawab

Sebagai perawatan dan penjaminan kesejahteraan keluarga, ayah harus dapat menyediakan sandang, pangan dan tempat tinggal dengan lingkungan yang aman, nyaman bagi keluarga.

2. Terlibat dalam pengasuhan
Anak membutuhkan orangtua yang bekerjasama mengasuh dirinya. Ayah dan ibu yang bersama-sama merawat, bermain, mengobrol, dan melakukan aktivitas bersama anaknya akan menjadi pengalaman dan contoh penting untuk anak.

3. Kehadiran
Kehadiran ayah dalam kehidupan anak sangat bermakna, terutama dalam memperlancar komunikasi ayah dan anak. Anak yang sering berkomunikasi secara efektif dengan ayah dan ibunya, cenderung jarang memiliki masalah serius.

Disetiap keringatmu, disetiap lelah nafasmu, penuh dengan kasih sayangmu.
Terima kasih Ayah.

References:
sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id
guruppkn.com
Share this Post:

Related Posts: