Banyak Manfaat Jika Menanam Pohon

banyak-manfaat-jika-menanam-pohon_EOBz.jpg

Banyak Manfaat Jika Menanam Pohon


Bertempat tinggal disebuah kota yang padat seperti Jakarta ini memang sulit sekali menemukan lahan untuk menanam pohon. Hal ini sangat disayangkan karena seperti yang diketahui, menanam pohon memiliki banyak manfaat.

Berikut ini adalah manfaat menanam pohon, yaitu :

1. Menghasilkan oksigen dan menyerap karbonmonoksida
Dengan menanam pohon pasti Anda akan merasakan kesejukan. Hal ini karena oksigen yang dihasilkan dari pohon didekat Anda. Selain itu, pohon juga berfungsi sebagai penyerap karbonmonoksida, membutuhkan 96 batang pohon untuk menyerap CO2 yang dihasilkan oleh satu orang dalam waktu satu tahun. Selain itu, pohon juga berfungsi untuk menyerap bau dan gas polutan, serta menyaring partikular-partikular dari udara menggunakan daun dan kulit mereka.

2. Sebagai tempat tinggal satwa
Selain membarikan manfaat untuk kehidupan manusia, pohon juga memberikan manfaat untuk satwa. Pohon dapat dijadikan sebagai tempat berlindung dari panas dan hujan bagi satwa.

3. Tempat menyimpan air
Pada saat hujan turun pasti akan masuk ke dalam tanah. Pohon yang ada di sekitar akan langsung menjadi tempat penyimpanan air yang diresap oleh tanah melalui akar-akar pohon. Jika tidak ada pohon yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan air maka air tersebut akan langsung terbuang begitu saja baik ke sungai maupun ke laut dan dapat menyebabkan mahluk hidup yang ada di sekitar kekurangan sumber air.

Itulah beberapa manfaat menanam pohon. Semoga dari manfaat menanam pohon ini dapat memicu Anda untuk terus melakukan penghijauan demi menyelamatkan bumi. Selamat menanam!

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk   

References:
blog.kurio.co.id
lingkunganhidup.co

Share this Post:

Related Posts: