Meningkatkan Soft Skill Bekal Sukses dalam Dunia Kerja

meningkatkan-soft-skill-bekal-sukses-dalam-dunia-kerja_nV1l.jpg

Meningkatkan Soft Skill Bekal Sukses dalam Dunia Kerja


Dalam dunia kerja, nilai kognitif yang Anda peroleh dari dunia pendidikan sebelumnya bukanlah hal yang utama untuk sebuah Perusahaan merekrut karyawan baru. Ada hal penting yang menjadi tolak ukur Anda dapat diterima dan sukses dalam bekerja, dan salah satunya adalah soft skill.

Soft skill yang dimaksud adalah kemampuan seseorang untuk berhubungan dengan orang lain dan diri sendiri. Ada pun hal-hal yang mencakup soft skill tersebut adalah kemampuan berkomunikasi, kekreativitasan, manajemen waktu dan emosi, kepemimpinan, dan lain-lain. Lalu, bagaimanakah cara mengembangkan soft skill agar dapat sukses dalam duni pekerjaan? Berikut ini adalah tipsnya :

1. Mengikuti kegiatan organisasi
Dengan mengikuti kegiatan organisasi, Anda dapat belajar mengenai kerjasama dalam tim, belajar mengambil keputusan secara cepat dan tepat, mengasah kekreativitasan dan kemampuan berkomunikasi. Maka dari itu, cobalah untuk turut aktif dalam organisasi.

2. Memberanikan diri akan hal yang baru
Sikap berani akan sesuatu merupakan bekal penting dalam mengembangkan soft skill seseorang. Karena dengan demikian, Anda dapat terus belajar dari hal baru tersebut dan secara tidak langsung soft skill Anda pun dapat terasah dengan baik.

3. Mintalah saran dan pendapat dari orang lain
Saat Anda telah selesai melakukan sesuatu, Anda bisa menanyakan kepada orang lain tentang apa yang sudah Anda lakukan. Mintalah saran dan pendapatnya, dan perbaikilah jika ada kesalahan. Dengan demikian soft skill Anda akan terus berkembang bila ada kegiatan baru yang lainnya.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
www.educenter.id
ardy-web.blogspot.com

Share this Post:

Related Posts: