Kenali Ciri-Ciri Orang Perfeksionis

kenali-ciri-ciri-orang-perfeksionis_8da3.jpg

Kenali Ciri-Ciri Orang Perfeksionis


Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Dalam dunia kerja, apakah Anda sering megalami ketidakpuasan atas apa yang sudah dikerjakan? Atau Anda ingin segala hal berjalan sempurna sesuai rencana? Semua itu merupakan sebagian dari sikap orang yang perfeksionis.

Perfeksionis adalah kecenderungan seseorang untuk selalu memiliki atau mencapai kesempurnaan. Apakah Anda mempunyai rekan kerja seperti itu atau mungkin Anda orangnya?

Berikut merupakah ciri-ciri umum dari orang yang memiliki sifat perfeksionis:

  • Totalitas. Orang yang perfeksionis cenderung selalu menginginkan hal yang dikerjakan atau orang lain kerjakan diselesaikan dengan sempurna
  • Terpaku pada detail, padahal sering kali detail tersebut tidak terlalu diperlukan
  • Mudah menangkap kesalahan atau kelemahan dan cenderung memiliki standar penilaian yang tinggi terhadap suatu objek
  • Sulit melakukan sesuatu secara spontan dan tidak terlalu fleksibel dengan perubahan
  • Sulit percaya pada orang lain. Jarang mendelegasikan pekerjaan pada orang lain, Anda lebih tenang jika mengerjakan sebuah pekerjaan itu sendiri sesuai dengan keinginan dan standar Anda.
  • Sering memeriksa pekerjaan berulang-ulang untuk memastikan pekerjaan yang telah dikerjakan tidak ada lagi kesalahan. Hal itulah yang terkadang membuat seorang yang perfeksionis mengerjakan suatu hal lebih lama dari orang lain.

Tipe pekerjaan yang mungkin cocok untuk orang yang perfeksionis: Sutradara, Programmer, Apoteker, Akuntan, Pilot, Desainer, dan masih banyak lainnya.
Setelah menyimak ciri-ciri diatas Anda kurang lebih telah memiliki gambaran mengenai ciri orang yang memiliki sifat perfeksionis. Apakah Anda termasuk didalamnya?

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
www.hipwee.com
www.fimela.com
glints.com

Share this Post:

Related Posts: