Hari Sumpah Pemuda

hari-sumpah-pemuda_Rm9k.jpg

Hari Sumpah Pemuda


Setiap tanggal 28 Oktober, kita masyarakat Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda merupakan hasil Kongres Pemuda Kedua yang dirumuskan pada 28 Oktober 1928 di Jakarta. Peristiwa Sumpah Pemuda merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang sangat penting bagi Bangsa Indonesia.

Kongres Pemuda Kedua terdiri dari Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Ruku, Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI), Pemuda Kaum Betawi, dan masih banyak lagi. Kongres tersebut dipimpin oleh pemuda Soegondo Djojopoespito dari PPPI.

Teks naskah Sumpah Pemuda merupakan salah satu keputusan penting bagi Bangsa Indonesia. Teks naskah tersebut berbunyi:
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Jaman dahulu, Kongres Pemuda digelar sebagai wujud melawan kekuatan kolonialisme. Tetapi sekarang, lawan pemuda Indonesia bukan penjajahan melainkan tentang zaman yang kian beragam. Mulai dari ilmu pengetahuan, teknologi, dan banyak hal lain yang mampu mengkokohkan bangsa Indonesia.

Anak muda Indonesia saat ini mempunyai komitmen kepada bangsa Indonesia bahwa kini saatnya anak muda tampil lewat keahlian dan prestasi masing-masing. Pembuatan komitment ini dianggap momentum agar tidak ada lagi label buruh pada anak muda. Perlu diberikannya kepercayaan kepada generasi milenial saat ini yang nantinya akan memimpin Indonesia di masa depan.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:
makassar.tribunnews.com

Share this Post:

Related Posts: