Pentingnya Persiapan Diri Sebelum Pensiun

pentingnya-persiapan-diri-sebelum-pensiun_dRz1.jpg

Pentingnya Persiapan Diri Sebelum Pensiun


Jika Anda bekerja sebagai karyawan pada suatu perusahaan pasti akan tiba waktunya tingkat produktivitas Anda akan menurun. Tibalah saatnya Anda harus mundur karena umur atau pensiun. Alangkah baiknya jika sudah memiliki persiapan untuk masa pensiun dari jauh hari, karena persiapan pensiun bukanlah hal yang bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk mempersiapkan diri menghadapi masa pensiun:
1. Hitung kebutuhan pada saat pensiun
Menghitug kebutuhan pada saat pensiun adalah hal yang cukup penting. Uang yang Anda miliki saat ini nilainya cenderung menurun ketika sudah memasuki masa pensiun nanti. Buatlah perhitungan yang kurang lebih akan mencukupi kehidupan Anda untuk 10-15 tahun setelah pensiun.

2. Persiapkan dana pensiun
Dana pensiun bisa dikumpulkan melalui investasi sejak dini. Investasi bisa dimulai dengan investasi saham seperti reksadana dengan masa yang cukup panjang. Dengan begitu kelak melalui investasi Anda akan memetik hasilnya pada waktu yang cukup lama. Jika masih belum yakin dengan investasi, Anda juga dapat menabung sebagian dari penghasilan, dan lakukanlah secara konsisten tanpa jeda.

3. Pastikan sudah tidak ada lagi cicilan pada saat pensiun
Usahakan untuk melunaskan cicilan yang besar seperti kredit rumah atau kendaraan sebelum Anda memasuki masa pensiun, agar Anda dapat menikmati masa pensiun dengan nyaman dan tenang.

4. Siapkan asuransi kesehatan yang lengkap
Persiapkanlah asuransi yang lengkap untuk bekal Anda saat pensiun. Anda sudah harus memikirkan untuk memiliki asuransi penyakit kritis dan asuransi kesehatan yang akan memberikan Anda perlindungan. Baiknya dilakukan sejak dini agar biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya tidak terlalu besar.

5. Tekuni hobi dan siapkan usaha sampingan
Jika Anda memiliki kegiatan yang disukai diluar kegiatan kerja, Anda dapat memanfaatkan hobi tersebut untuk mengisi waktu Anda saat sudah harus pensiun nantinya. Dan tidak menutup kemungkinan juga Anda bisa mendapatkan penghasilan melalui kegiatan yang Anda sukai.

Mari persiapkan masa pensiun sejak dini!

References:
www.finansialku.com
www.karyaone.co.id
www.duniakaryawan.com

Share this Post:

Related Posts: