Hari Museum Nasional

hari-museum-nasional_vrn3.jpg

Hari Museum Nasional


Perlu diketahui bahwa sebelum tanggal 12 Oktober ditetapkan sebagai Hari Museum Nasional, Indonesia memperingati Hari Museum Internasional setiap tanggal 18 Mei. Tiga tahun lalu, 12 Oktober ditetapkan sebagai Hari Museum Nasional berdasarkan atas Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 26 - 28 Mei 2015 di Balaikota Malang.

Saat ini ada lebih dari 400 museum yang beroperasi di Indonesia, termasuk museum bersejarah dan museum seni. Berikut adalah 5 museum terbaik yang dapat dikunjungi:

1. Museum Nasional Indonesia
Museum Nasional Indonesia terletak di ibukota Indonesia, Jakarta. Museum ini diklaim sebagai salah satu museum terbesar di Asia Tenggara. Museum ini juga biasa dikenal dengan nama Museum Gajah, karena di halaman depannya terdapat patung gajah perunggu yang merupakan hadiah dari Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand yang pernah berkunjung ke museum ini pada tahun 1871. Museum ini menyimpan lebih dari 141.000 benda-benda bernilai sejarah.

2. Museum Geologi
Museum Geologi adalah salah satu bangunan bersejarah di Kota Bandung. Museum ini dibangun pada tanggal 16 Mei 1928 dan sangat dilindungi dan dirawat oleh Pemerintah. Bagi kalian yang menyukai sejarah tentang hewan-hewan purba, maka Museum Geologi adalah museum yang harus Anda kunjungi karena museum ini memiliki berbagai macam peninggalan hewan purba.

3. Museum Konferensi Asia Afrika
Selain Museum Geologi, museum yang satu ini juga terletak di Kota Bandung. Museum Konferensi Asia Afrika dikenal sebagai salah satu tempat dimana para petinggi dari Asia Afrika berkumpul. Di dalam museum, Anda akan menemukan sejarah tentang Asia Afrika dan juga alasan mengapa dan kapan terbentuknya museum ini.

4. Museum Pasifika
Museum Pasifika yang terletak di Pulau Dewata Bali, dikatakan sebagai the Largest Asia Pacific Art Museum (Museum seni terbesar di asia pasifik). Museum ini didirikan oleh orang Prancis yang lama tinggal di Indonesia bernama Philippe Augier pada 8 Agustus 2006. Museum Pasifika memiliki koleksi 700 lukisan dan 400 patung di dalamnya.

5. Museum Sampoerna
Kita semua pasti tahu perusahaan besar Indonesia yang menghasilkan rokok yaitu Sampoerna. Di Museum Sampoerna atau juga disebut House of Sampoerna, Anda akan mengetahui sejarah dari rokok Sampoerna. Museumnya sendiri terletak di Jalan Taman Sampoerna, Surabaya.

Jadi, museum manakah yang ingin Anda kunjungi terlebih dahulu?

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:
www.kompasiana.com
nasional.kompas.com

Share this Post:

Related Posts: