Pentingnya Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri (Me Time)

pentingnya-meluangkan-waktu-untuk-diri-sendiri-me-time_kJXp.jpg

Pentingnya Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri (Me Time)


Me Time adalah waktu dimana kita mendapatkan waktu sendiri untuk bersantai dan beristirahat yang bebas dari pikiran dan juga pekerjaan. Beberapa orang berpikiran bahwa me time tidak terlalu penting, tetapi perlu kalian tahu bahwa ternyata me time itu penting untuk perkembangan karier dan keluarga. Ini alasannya:

1. Bekerja Lebih Baik
Menurut penelitian dari London’s University of Birkbeck, kegiatan menyenangkan dan berkualitas dapat membuat kita untuk kerja lebih giat. Aktivitas me time bisa menjadikan kita lebih semangat dan termotivasi untuk mengerjakan pekerjaan kantor. Akan lebih baik jika kita melakukan me time sebelum deadline agar hasil pekerjaan bisa lebih maksimal.

2. Menguatkan Memori
Dalam pekerjaan kita biasanya akan mengandalkan daya ingat kita untuk mengingat deadline atau jadwal meeting. Menurut Ashwini Nadkarni, seorang psikiater dari Harvard, ketika orang menghabiskan waktu sendirian, mereka dapat membentuk memori yang lebih kuat. Selain itu, cara itu juga dapat membuat orang mengamati dan memproses pikiran diri sendiri sehingga dapat menikmati momen dalam hidup.

3. Mempererat Hubungan Sosial
Di kantor, menjalin hubungan sosial dengan rekan kerja sangatlah penting. Menurut penelitian Adam Wayzt, seorang psikolog Harvard, me time dapat mendorong rasa empati seseorang. Penelitian tersebut mengungkap bahwa me time dapat membuat orang lebih pengertian sehingga lebih mudah untuk menjalin hubungan sosial dengan sesama.

4. Sehat Fisik dan Mental
Kesehatan tentu saja penting dalam pengembangan pekerjaan. Orang yang terlalu banyak bekerja sehingga tidak menyempatkan waktu untuk sendiri biasanya berakhir dengan stres dan merasa kelelahan. Jika kita mengalami stres tentunya akan berefek ke hasil kerja yang tidak memuaskan. Tubuh yang tidak sehat juga akan menyebabkan kita susah untuk berkonsentrasi dalam bekerja. Jadi, me time sangatlah penting untuk menghindari stres and penyakit-penyakit.

Aktivitas me time yang bisa kita lakukan adalah jalan-jalan di akhir pekan atau bisa juga dengan bermeditasi di rumah jika tidak ingin keluar dari rumah. Untuk para wanita bisa menyempatkan me time untuk pergi ke salon atau spa, pergi nonton, atau belanja ke mal.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:
wolipop.detik.com

Share this Post:

Related Posts: