Hari Kereta Api Nasional

hari-kereta-api-nasional_rTeN.jpg

Hari Kereta Api Nasional


Hari ini adalah peringatan Hari Kereta Api Nasional yang ke-73 tahun. Saat ini, Kereta Api Nasional sudah memiliki banyak inovasi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Hari Kereta Api Nasional ditetapkan pada tanggal 28 September karena pada tahun 1945, sebulan setelah proklamasi, yaitu pada tanggal 28 September 1945, para pegawai kereta api Indonesia dapat mengambil alih Balai Besar Kereta Api Bandung dari kuasa kolonial Jepang pada saat itu. Hal itu juga sekaligus menandai berdirinya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI).

Sejarah kereta api di Indonesia bermulai saat pencangkulan pertama jalur kereta api Semarang-Vorstenlanden (Solo-Yogyakarta) di Desa Kemijen oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda, Mr. L.A.J.W. Baron Sloet van de Beele pada 17 Juni 1864. Pada masa itu, kereta api yang digunakan masih menggunakan mesin uap pada lokomotif kereta. Karena itu petugas yang bekerja bertugas untuk membakar kayu dan menjaga api tetap menyala.

Sebelum akhirnya nama perkereta-apian Indonesia menjadi PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI), ternyata sudah terjadi beberapa pergantian nama sejak DKARI berdiri. Ketika Belanda kembali ke Indonesia pada tahun 1946, mereka membetuk kembali perkereta-apian di Indonesia bernama Staatssporwegen / Verenigde Spoorwegbedrif (SS / VS). Lalu pada bulan Desember 1949, Konfrensi Meja Bundar (KMB) menetapkan untuk menggabungkan antara DKARI dan SS / VS menjadi Djawatan Kereta Api (DKA) pada tahun 1950. Pada tanggal 25 Mei 1950, DKA berganti menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA).

Selanjutnya pemerintah mengubah PNKA menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) pada tahun 1971, lalu diubah lagi menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) pada tahun 1991. Tahun 1998, Perumka berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT. Kereta Api yang akhirnya diubah menjadi PT. Kereta Api Indonesia pada tahun 2011 sampai saat ini.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/09/29/28-september-adalah-hari-kereta-api-nasional-lho-mau-tahu-sejarahnya

https://news.okezone.com/read/2017/09/27/337/1784214/selamat-hari-kereta-api-nasional-ini-uraian-sejarah-perkeretaapian-indonesia

Share this Post:

Related Posts: