World Tourism Day

world-tourism-day_9bvI.jpg

World Tourism Day


World Tourism Day atau Hari Pariwisata Dunia diperingati setiap tanggal 27 September. Penetapan hari ini pertama diumumkan oleh Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) pada tahun 1980 di Kota Torremolinos, Spanyol. Tahun ini Hari Pariwisata Dunia sudah memasuki tahun ke-39. Hari ini diperingati untuk meningkatkan perhatian masyarakat akan pentingnya wisata dalam unsur sosial, budaya, politik, dan nilai ekonomi.

Ada dua alasan mengapa UNWTO menetapkan Hari Pariwisata Dunia pada 27 September. Pertama, tanggal tersebut dipilih agar bersamaan dengan hari jadi pengadopsian anggaran dasar UNWTO pada 27 September 1970. Kedua, tanggal 27 September juga merupakan hari dimana waktu liburan di bumi bagian utara berakhir. Namun, untuk bumi bagian selatan, tanggal tersebut adalah awal musim liburan karena menyambut musim panas.

Pertama yang muncul di pikiran kita saat ini ketika mendengar pariwisata adalah keluarnya uang untuk liburan. Tetapi, pariwisata tidak selalu bersoal dengan uang, perlu kalian tahu bahwa sektor pariwisata sangatlah penting untuk negara. Karena di sektor pariwisata, telah tercipta triliunan dolar devisa, lapangan pekerjaan dan juga pembangunan ekonomi di berbagai belahan dunia.

Pada Oktober 1997, Majelis Utama UNWTO memutuskan di pertemuan ke-12 di Istanbul, Turki, untuk menunjuk satu negara setiap tahunnya untuk dijadikan tuan rumah yang bertindak sebagai rekan organisasi dalam perayaan Hari Pariwisata Dunia. Tahun 2018 lalu, perayaan Hari Pariwisata Dunia diselenggarakan di Kota Budapest, Hungaria. Untuk tahun ini, negara yang terpilih menjadi tuan rumah perayaan Hari Pariwisata Dunia adalah India.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :
http://travel.tribunnews.com/2016/09/27/kilas-balik-27-september-ini-7-fakta-hari-pariwisata-dunia-ternyata-nggak-asal-digelar-lho

https://travel.detik.com/travel-news/d-3029847/ini-asal-muasal-27-september-jadi-hari-pariwisata-dunia

http://cf.cdn.unwto.org/sites/all/files/pdf/a22_12_world_tourism_day_en_0.pdf

Share this Post:

Related Posts: