Hari Perdamaian Internasional

hari-perdamaian-internasional_9YLg.jpg

Hari Perdamaian Internasional


Setiap tanggal 21 September, kita memperingati Hari Perdamaian Internasional atau biasa disebut International Day of Peace, yang didedikasikan untuk perdamaian dunia dan lebih tepatnya saat dimana berakhirnya perang dan kekerasan di dunia. Hari perdamaian internasional pertama kali diperingati di tahun 1982 dan terus dipertahankan oleh banyak negara, kelompok politik, kelompok milter, dan masyarakat. Tanggal untuk memperingati hari perdamaian internasional berbeda-beda di berbagai negara, akan tetapi dalam sidang umum PBB pada 28 September 2001 mereka menetapkan tanggal yang tepat yaitu 21 September.

Dalam rangka peringatan hari perdamaian dunia, lonceng perdamaian PBB dibunyikan di Markas Besar PBB, New York. Lonceng perdamaian PBB terbuat dari koin-koin sumbangan dari anak-anak dari semua benua kecuali Afrika dan juga merupakan hadiah dari Asosiasi Perserikatan Bangsa-Bangsa dari Jepang. Lonceng tersebut dilambangkan sebagai suatu pengingat atas korban manusia akibat peperangan, dimana pada salah satu sisi lonceng terdapat tulisan “Long live absolute world peace” yang berarti panjang umur perdamaian dunia sepenuhnya.

Hari ini sangat penting bagi masyarakat dunia untuk merenung dan membangun kepekaan akan pentingnya dunia tanpa kekerasan. Saat ini adalah saat yang tepat untuk mencurahkan daya dan upaya memohon para pihak yang sedang berperang melakukan gencatan senjata untuk mengakhiri pertikaian mereka.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :
https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Perdamaian_Internasional
https://pgi.or.id/memperingati-hari-perdamaian-internasional/

Share this Post:

Related Posts: