Hari Ozon Sedunia

hari-ozon-sedunia_xQbn.jpg

Hari Ozon Sedunia


Mungkin banyak dari kita yang tidak tahu bahwa setiap tanggal 16 September 2018 merupakan hari dimana kita merayakan Hari Ozon Sedunia, yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa - Bangsa (PBB) pada tanggal 16 September disesuaikan dengan tanggal penandatanganan Protokol Montreal oleh 188 negara yang menentang zat yang dapat merusak lapisan ozon.

Tujuan dari Hari Ozon ini adalah untuk mengingatkan kepedulian masyarakat akan lapisan ozon bumi yang mulai tercemar. Pada tahun 1974, para peneliti dari Inggris yaitu British Antarctic Survey (BAS), mendeteksi adanya kerusakan di lapizan ozon di atas Hally Bay, Antartika. Mereka mendeteksi bahwa adanya  penipisan lapisan ozon yang drastis yang diakibatkan oleh reaksi kimia klorin dan nitrogen.

Zat-zat perusak ozon atau Ozon Depleting Substance (ODS) utama yang bertanggung jawab terhadap kerusakan ozon adalah Klorin (Cl) dan Nitrogen Oksida (N2O). Unsur Klorin biasa dapat kita temukan di cairan pendingin pada freezer, lemari es, dan AC, kaleng semprot untuk pengharum ruangan, parfum, bahan pelarut, dan busa pengembang. Sedangkan unsur Nitrogen Oksida (N2O) merupakan hasil sampingan dari proses pembakaran seperti emisi pesawat terbang.

Kerusakan lapizan ozon menyebabkan bertambahnya sinar UV yang mencapai bumi, yang sangat berbahaya untuk makhluk hidup di bumi. Sinar UV yang banyak dapat menyebabkan kanker kulit, penyakit katarak pada mata, merusak sistem imun tubuh, dan juga perusakan sel-sel hidup pada manusia dan hewan. Selain itu, lapisan ozon yang menipis juga dapat menyebabkan musim dingin menjadi bertambah dingin di Kutub Utara.

Oleh karena itu, kita sebagai warga bumi, harus bertindak untuk melindungi lapisan ozon. Kita bisa mulai dengan membeli produk-produk yang berlabel ozone friendly karena produk tersebut tidak mengandung zat-zat ODS. Selain itu, kita juga bisa mengganti peralatan-peralatan yang biasa kita pakai seperti AC, dispenser, dan kulkas dengan peralatan-peralatan alternatif yang lebih ramah ozon. Dengan begitu, kita bisa membantu untuk melindungi lapizan ozon bumi dari penipisan.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :
https://csrpdamkotabogor.wordpress.com/edukasi/hari-ozon-sedunia/

Share this Post:

Related Posts: