Hal-hal yang Harus Dihindari Saat Interview

hal-hal-yang-harus-dihindari-saat-interview_rWRH.jpg

Hal-hal yang Harus Dihindari Saat Interview


Sebelum diterima untuk bekerja di sebuah Perusahaan, kemungkinan besar akan melalui proses interview terlebih dulu oleh HRD di Perusahaan tersebut. Selain Test, biasanya interview tersebut juga menentukan apakah akan diterima atau tidak.

Berikut adalah hal-hal yang harus dihindari saat interview:

Datang Terlambat
Untuk beberapa Perusahaan, datang terlambat saat interview adalah hal yang fatal karena hal tersebut akan menunjukkan bahwa orang tersebut adalah orang yang tidak tepat waktu. Sebaiknya sebelum interview dilaksanakan, kamu bisa melakukan survey/research lokasi Perusahaan terlebih dahulu, sehingga kamu bisa mengatur waktu keberangkatan.

Handphone Berbunyi Saat Interview
Handphone yang berbunyi saat interview akan mengganggu proses interview.  Jadi sebaiknya sebelum interview berlangsung, kita bisa mematikan handphone terlebih dahulu. Disarankan untuk mematikan handphone bukan menggantinya ke mode getar, karena bunyi getaran juga mungkin saja terdengar saat interview dan akan mengalihkan fokus kita ke handphone.

Tidak Ada Kontak Mata
Banyak orang mengganggap kontak mata saat interview tidaklah penting. Tetapi, perlu kita ketahui bahwa kontak mata saat interview menunjukkan keseriusan orang tersebut. Sebaiknya jangan memandang hal-hal lain saat interview, karena selain tidak sopan, hal tersebut juga dianggap meremehkan.

CV Tidak Sesuai dengan Kenyataan
Kadang-kadang orang cenderung mencantumkan kelebihan-kelebihan di CV mereka yang sebenarnya tidak mereka miliki. Sebaiknya kita menuliskan CV kita berdasarkan diri kita yang sebenarnya, karena jika ketahuan bahwa apa yang dicantumkan di CV tidak sama dengan diri kita, itu akan membuat kita merasa malu. Selain itu, hal tersebut juga dapat membuat orang lain untuk susah mempercayai kita.

Sebagai kesimpulan, untuk menambah kemungkinan kita akan diterima untuk sebuah pekerjaan, sebaiknya kita menghindari hal-hal yang telah disebutkan diatas. Dengan itu, kita akan memberikan kesan pertama yang baik kepada pewawancara.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:
https://www.kompasiana.com/sigit_aze/inilah-5-hal-yang-harus-dihindari-saat-wawancara-kerja_58f6290e4323bd443b0a0821

Share this Post:

Related Posts: