Peluang Kerja dan Konten Media Sosial


Peluang Kerja dan Konten Media Sosial

Sekarang beberapa perusahaan meminta kepada para kandidat yang melamar suatu pekerjaan untuk mencantumkan akun media sosial yang dimiliki, hanya sebagai prosedur standar? Atau, ada maksud tertentu untuk hal tersebut ?

Pada kenyataannya, metode pengecekan pada akun media sosial seseorang mulai dilakukan pula oleh perusahaan. Tujuannya adalah untuk mengetahui latar belakang dari para kandidatnya, apa saja yang dapat dinilai dari sebuah akun media social ?

1. Kepribadian

Perusahaan tidak hanya melihat pengalaman dan keahlian, tetapi melakukan penilaian kepribadian para kandidatnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memperhatikan seberapa banyak postingan di media sosial yang dibagikan dan bagaimana isi postingan tersebut.

  1. Tipe “ekstrovert dan memiliki tingkat kepercayaan tinggi”, biasanya senang mem-posting apapun.
  2. Tipe “penuh pertimbangan”, biasanya akan sangat memperhatikan kesan orang lain terhadap dirinya. Sehingga, mereka akan memikirkan secara detail apa yang akan mereka posting.
  3. Tipe “senang mengamati”, biasanya jarang mem-posting sesuatu, tetapi selalu online dan kerap mengomentari postingan orang lain.

2. Kebiasaan mengumpat

Media sosial seringkali dijadikan tempat untuk melampiaskan segala bentuk emosi. Tindakan mengumpat dilakukan, karena terdorong oleh rasa kesal terhadap sesuatu atau seseorang. Berhati-hatilah, karena bisa jadi hal iniyang akan menutup kesempatan untuk mendapatkan posisi disuatu perusahaan.

3. Termakan berita bohong (Hoax)

Orang yang mudah mempercayai hoax, menunjukkan bahwa dirinya adalah pribadi yang kurang jeli, teliti dan tidak mau melakukan pengecekan ulang terhadap apa yang dilihat atau didengarnya. Hal tersebut akan menjadi pertimbangan perusahaan, apabila hendak mempekerjakan seseorang untuk mengisi posisi tertentu.

Mulai sekarang, mulailah menggunakan akun media sosial secara lebih baik dan positif !


By. Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:

http://news.okezone.com/read/2017/02/11/65/1615888/lagi-lamar-kerja-perusahaan-cek-perilaku-ini-di-medsos-lho?utm_source=br&utm_medium=referral&utm_campaign=news


Share this Post:

Related Posts: