Hari Kemanusiaan Sedunia

hari-kemanusiaan-sedunia_123f.jpg

Hari Kemanusiaan Sedunia


Manusia dikatakan sebagai makhluk sempurna dibanding dengan makhluk hidup lainnya. Hal ini dikarenakan manusia memiliki perasaan (hati) dan pikiran (akal), di mana makhluk hidup lain hanya memiliki perasaan di antara kedua pilihan tersebut. Namun sayangnya, masih banyak kejahatan yang disebabkan oleh hilangnya kadar empati dan perasaan yang dimiliki manusia, justru membuat manusia tidak layak disebut sebagai makhluk sempurna.

Seperti halnya pengeboman yang terjadi di Baghdad, Irak yang lalu. Tepatnya pada tanggal 19 Agustus 2003 di mana kantor pusat Perserikatan Bangsa - Bangsa (PBB) dibom yang menewaskan Sergio Viera de Mello (perwakilan khusus PBB) dan 21 staff lainnya. Sebagai wujud untuk mengenang para pelaku kemanusiaan yang kehilangan nyawa demi membantu masyarakat dunia, maka pada tahun 2008, PBB menetapkan Hari Kemanusiaan Sedunia yang jatuh pada tanggal 19 Agustus setiap tahunnya. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan sikap kepedulian masyarakat dan menginspirasi warga dunia untuk terus membantu mereka yang membutuhkan.

Di seluruh dunia, ada sekitar lebih dari 62 juta orang yang membutuhkan bantuan kemanusiaan karena kehidupannya hancur oleh konflik dan bencana. Organisasi kemanusiaan di dunia pun turut serta menyelamatkan nyawa dan berusaha memulihkan krisis dunia. Namun, tidak dapat dipungkiri, kebutuhan dan pertolongan masyarakat dunia semakin hari semakin bertambah.

Oleh karenanya, sebagai sesama manusia, makhluk sosial yang tentu saling membutuhkan, marilah kita membantu sesama kita dengan memberikan uluran tangan, cukup dengan memberikan pertolongan kepada sekitar kita yang memerlukan. Jika memungkinkan, tidak ada salahnya jika kita juga turut memberikan bantuan baik berupa doa maupun materi kepada mereka yang sedang dilanda konflik dan bencana di penjuru dunia.
By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
budiswan.blogspot.co.id
news.okezone.com

Share this Post:

Related Posts: