Hari Veteran Nasional

hari-veteran-nasional_6gdw.jpg

Hari Veteran Nasional


Setiap tanggal 10 Agustus, negara kita tercinta, Indonesia merayakan Hari Veteran Nasional setiap tahunnya. Hari besar ini diselenggarakan untuk mengenang jasa para veteran yang telah mengorbankan nyawanya untuk negara. Namun apakah kita tahu sejarah dibalik penanggalan tersebut?

Dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia 70 tahun silam, tepatnya pada tanggal 10 Agustus 1949 terjadi pertempuran sengit antara TNI dengan Tentara Kerajaan Belanda kala itu. Pertempuran ini pun terjadi dari pagi hingga tengah malam, yang kemudian diakhiri dengan persetujuan gencatan senjata dari kedua belah pihak, yakni Indonesia dan Belanda. Gencatan senjata inilah yang kemudian mengakhiri perjuangan panjang dalam menjaga kemerdekaan Indonesia, sehingga mampu berdiri menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang koko hingga sekarang. Oleh karenanya, sebagai ungakapn syukur dan terimakasih kepada para veteran, maka diciptakannya Hari Veteran Nasional yang jatuh pada tanggal 10 Agustus.

Maka sebagai warga negara Indonesia yang telah merdeka, sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu menghormati jasa para veteran, sang pahlawan bangsa yang telah mengorbankan nyawanya demi mendapatkan kemerdekaan yang bisa kita rasakan saat ini. Dan semoga nilai - nilai perjuangan dapat terus ditingkatkan dan diwariskan demi membangun kesejahteraan bangsa kita.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
www.kompasiana.com
www.merdeka.com

Share this Post:

Related Posts: