Hari Masyarakat Adat International

hari-masyarakat-adat-international_nTTY.jpg

Hari Masyarakat Adat Internasional


Masyarakat adat biasanya tinggal di pinggiran daerah atau di pedalaman hutan, dan cenderung terasingkan dari kehidupan masyrakat lokal pada umumnya. Semua negara yang ada di muka bumi pasti memiliki masyarakat adat di dalamnya, tak terkecuali Indonesia. Sayangnya, kehidupan masyarakat adat ini semakin hari semakin terasingkan dan kehilangan hak - hak yang mereka miliki.

Mengingat pentingnya menegakkan hak - hak yang seharusnya dimiliki oleh masyarakat adat, maka setiap tanggal 9 Agustus, dunia memperingati Hari Masyarakat Adat Internasional. Peringatan ini lahir setelah ditandatanganinya Deklarasi PBB tentang Hak - Hak Masyarakat Adat pada 13 September 2007 oleh negara - negara seluruh dunia, termasuk Indonesia..

Dalam deklarasi tersebut, ditegaskan bahwa masyakat adat berhak untuk menikmati secara penuh, baik secara kolektif maupun individual, segala macam hak asasi dan kebebasan mendasar. Deklarasi ini juga turut memberikan arah dan harapan perubahan yang lebih baik bagi pengakuan dan perlindungan hak - hak masyarakat adat yang berjumlah sekitar 374 juta jiwa di seluruh dunia dan sekitar 60 juta jiwa di Indonesia.

Semoga dengan adanya perayaan Hari Maysarakat Adat Internasional, kita menjadi lebih menyadari arti penting hadirnya kehidupan masyarakat adat dan mendorong pemerintah untuk terus mengupayakan terealisasinya hak - hak yang seharusnya didapatkan masyarakat adat seperti masyarakat lain pada umumnya.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk


References:
www.komnasham.go.id
rilis.id

Share this Post:

Related Posts: