Artikel - Hari Bakti TNI AU

artikel-hari-bakti-tni-au_l4gZ.jpg

Hari Bakti TNI AU


Setiap tanggal 29 Juli, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) merayakan Hari Baktinya yang dikenal sebagai Hari Bakti TNI AU. Tanggal tersebut diambil dari 2 peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia yang dilakukan oleh TNI AU pada tanggal 29 Juli 1947 silam.

Pada tanggal tersebut, pasukan TNI AU berhasil menyerang kedudukan militer Belanda di Semarang, Ambarawa, dan Salatiga yang merupakan serangan udara pertama kali yang dilakukan oleh Angkatan Udara RI. Namun di sisi lain dari keberhasilan serangan udara tersebut, ada periwstiwa menyedihkan juga yang terjadi. Di hari yang sama, pesawat Dakota VT-CLA milik TNI AU yang sedang dalam perjalanan pulang dari Singapura membawa obat - obatan dari Palang Merah Malaya ditembak jatuh oleh P-40 Kittyhawk milik Belanda. Peristiwa ini menewaskan para perintis Angkatan Udara Republik Indonesia, antara lain Komodor Muda Abdulrachman Saleh, Komor Muda Udara A. Adisutjipto dan Opsir Muda Udara Adi Soemarmo Wirjokusumo.

Sebagai wujud penghormatan, nama ketiga tokoh yang telah gugur dijadikan nama bandara antara lain, Bandara Abdulrachman Saleh di Malang, Bandara Adisutjipto di Yogyakarta, dan Bandara Adi Soemarmo di Solo. Selain itu, untuk mengenang dan mengabadikan persitiwa gugurnya para tokoh tersebut, maka pada tanggal 29 Juli 1955 diperingati sebagai Hari Berkabung. Namun sejak 29 Juli 1962, Hari Berkabung diganti menjadi hari Bakti TNI AU yang sejak saat itu seluruh warga TNI AU memperingatinya secara terpusat di Pangkalan Udara Adisutjipto. Kegiatan pokok yang dilakukan pada hari besar ini meliputi Ziarah dan malam tirakatan di Monimen Ngoto serta Upacara Militer.

Semoga dengan adanya penetapan Hari Bakti AU, kita sebagai warga negara Indonesia semakin menghargai jasa para pahlawan TNI AU baik yang sedang bertugas maupun yang sudah gugur di medan perang.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
akuratnews.com
sumber.com

Share this Post:

Related Posts: