Artikel - Hari Hepatitis Sedunia

artikel-hari-hepatitis-sedunia_pUjd.jpg

Hari Hepatitis Sedunia


Hepatitis merupakan peradangan pada hati (liver) yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, di mana salah satunya karena infeksi virus yang berkepanjangan. Penyakit ini terbagi atas 2 jenis, yakni hepatitis B dan C dimana jika tidak diobati dapat menyebabkan jaringan parut hati lanjut (sirosis hati) dan komplikasi lain seperti kanker hati dan gagal hati.

Berdasarkan informasi dari National Geographic pada tahun 2011 lalu, ada sekitar 2 miliar penduduk dunia pernah terjangkit virus hepatitis B dan diperkirakan 500 juta orang menderita infeksi virus Hepatitis B dan C. Dari semuanya, ada sekitar 1,5 juta orang meninggal dunia karena penyakit tersebut. DI Indonesia sendiri ada sekitar 9.4% kasus hepatitis tertinggi ke 3 setelah China dan India.

Namun masih banyak masyarakat dunia yang lebih meperhatikan kasus AIDS dibanding hepatitis. Padahal nyatanya, jumlah kasus hepatitis jauh lebih besar dibanding jumlah AIDS di dunia. Kemirisan inilah yang kemudian mendorong World Hepatiti Alliance untuk menetapkan tanggal 28 Juli sebagai hari Hepatitis Sedunia. Penanggalan ini diambil dari hari lahir seorang penerima hadiah Nobel bernama Prof. Baruch Blumberg atas karyanya terhadap penemuan virus Hepatitis B.

Semoga dengan adanya peringatan hari besar ini, kita menjadi lebih memahami dan memperhatikan gejala dan perkembangan virus hepatitis yang ada di sekitar kita.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
id.wikipedia.org
nationalgeographic.co.id
jurnal.pasarpolis.com

Share this Post:

Related Posts: