Artikel - Hari Anak Nasional

artikel-hari-anak-nasional_SAu1.jpg

Hari Anak Nasional


Setiap tanggal 23 Juli, warga Indonesia merayakan Hari Anak Nasional (HAN). Hari besar ini digagas oleh Presiden kedua RI, Soeharto yang menyatakan bahwa anak - anak merupakan aset kemajuan bangsa. Atas dasar itulah yang kemudian melahirkan Keputusan Presiden No. 44 tahun 1984 tentang Hari Anak Nasional.

Demi menunjang kesejahteraan anak dan melindungi hak - hak anak - anak, pemerintah juga menambahkan Instruksi Presiden No. 2 tahun 1989 tentang Pembinaan Kesejahteraan Anak. Selain itu, dibentuk juga Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang bertugas melakukan pengawasan pelaksanaan upaya perlindungan anak serta melakukan investigasi terhadap pelanggaran hak anak. Tidak hanya itu saja, pada era kepemimpinan Presiden SBY, nama Kementrian Pemberdayaan Perempuan diganti menjadi Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan harapan anak - anak lebih diperhatikan secara intens.

Sayangnya, meski sudah ada peraturan yang ditetapkan pemerintah demi melindungi anak - anak, ternyata masih banyak kasus penganiayaan anak kecil yang terjadi di negeri kita tercinta. Semoga dengan diadakannya Hari Anak Nasional ini, kita sebagai masyarakat lebih menyadari pentingnya melindungi anak - anak penerus bangsa dari segala bentuk ancaman dan kekerasan yang menghampirinya agar mereka merasa aman dan terlindungi.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:
http:www.markijar.com/www.markijar.com/2015/07/hari-anak-nasional-pengertian-dan.html

Share this Post:

Related Posts: