Artikel - Kesalahan Fatal dalam Wawancara

artikel-kesalahan-fatal-dalam-wawancara_7Hqi.jpg

Kesalahan Fatal dalam Wawancara


Sesi wawancara merupakan tahapan wajib yang harus dilalui semua calon karyawan. Pada tahap ini, banyak karyawan yang tidak lolos ke tahap berikutnya karena kesalahan yang mungkin tidak disadarinya. Lalu, kesalahan seperti apa yang patut Anda hindari saat sesi wawancara dilaksanakan?

Berikut kesalahan fatal dalam wawancara:
1. Terlambat
Datang terlambat pada sesi wawancara merupakan awal yang sangat buruk bagi Anda. Keterlambatan dinilai sebagai sikap ketidak disiplinan seseorang dalam bekerja.

2. Menggunakan smartphone
Kualitas seseorang tidak hanya dinilai dari caranya berbicara, tetapi juga bagaimana orang tersebut berperilaku. Saat sesi wawancara, matikan smartphone Anda dan fokuslah pada pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara. Jika Anda menggunakan smartphone saat sesi ini berlangsung, Anda akan dinilai tidak sopan dan tidak profesional.

3. Bahasa yang buruk
Gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar saat menjalani sesi wawancara. Meski pada kehidupan sehari - hari Anda menggunakan bahasa santai, belajarlah untuk menyesuaikan diri dengan siapa yang sedang Anda hadapi. Penggunaan bahasa yang terlalu santai dinilai sebagai tanda ketidakseriusan seseorang dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

Ketika sesi wawancara berlangsung, banyak orang yang tidak menyadari jika hal yang ia lakukan merupakan kesalahan fatal. Oleh karenanya, bersikaplah sopan dan bertutur kata yang baik agar Anda dapat lolos ke tahap selanjutnya!


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk


References:
bisnis.liputan6.com
life.idntimes.com

Share this Post:

Related Posts: