Artikel - Hari Bhayangkara

artikel-hari-bhayangkara_GZah.jpg

Hari Bhayangkara


Kepolisian di Indonesia sudah ada sejak jaman penjajahan baik dari pemerintahan Belanda hingga Jepang untuk menjaga keamanan wilayah setempat. Namun pada jaman tersebut, kepolisian Indonesia tidak dapat bergerak bebas karena masih diawasi oleh kepolisian dari pihak penjajah karena berada di bawah naungan penjajah itu sendiri.

Semenjak Indonesia merdeka, tepatnya pada 21 Agustus 1945, Inspektur Kelas I (Letnan Satu) Polisi Mochammad Jassin, Komandan Polisi di Surabaya memproklamasikan Pasukan Polisi Republik Indonesia sebagai langkah awal yang dilakukan guna membangkitkan semangat moral dan patriotik seluruh rakyat disamping mengadakan pembersihan dan pelucutan senjata terhadap tentara Jepang yang kalah perang. Namun pada awalnya, kepolisian berada di bawah Kementrian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara. Kemudian mulai tanggal 1 Juli 1946 dengan Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. Djawatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri. Tanggal 1 Juli inilah yang setiap tahun diperingati sebagai Hari Bhayangkara hingga saat ini.

Meski Hari Bhayangkara sudah diteptakan pada tahun tersebut, kesatuan Polri sendiri mengalami beberapa kali perubahan. Pada jaman kepemimpinan Soekarno, Ditetapkan sebuah Tap MPRS yang menyatakan bahwa ABRI terdiri atas Angkatan Perang dan Polisi. Namun, semenjak kejadian G30S/PKI tahun 1965, dibentuklah ABRI yang meliputi AD, AL, AU, dan AK yang masing - masing dipimpin oleh Panglima Angkatan dan bertanggung jawab kepada Menhankam/Pangab. Namun karena ketatnya integrasi yang menyulitkan perkembangan Polri yang memang bukan angkatan perang, akhirnya Presiden Soeharto membuat Kepres No. 52/1969 menyebutkan Panglima Angkatan Kepolisian diganti kembali sesuai UU No. 13/1961 menjadi kepala Kepolisian Negara RI yang dikenal dengan Kapolri. Pergantian ini diresmikan pada tanggal 1 Juli 1969 yang setiap tahun diperingati sebagai Hari Bhayangkara hingga saat ini.

Polri memiliki kedudukan yang sangat penting demi menjaga keamanan dan ketertiban negara Indonesia. Semoga dengan adanya peringatan Hari Bhayangkara ini, Polri menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, serta mendapat apresiasi dan rasa hormat dari masyarakat Indonesia.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:
tribratanews.sumut.polri.go.id

Share this Post:

Related Posts: