Hari Kesehatan Dunia - Depression: Let’s Talk

Hari Kesehatan Dunia - Depression: Let’s Talk

Majelis Kesehatan Dunia Pertama, tahun 1948, yang diselanggarakan oleh World Health Organization (WHO) menetapkan tanggal 7 April sebagai Hari Kesehatan Dunia. Perayaan Hari Kesehatan Dunia ini bertujuan untuk memperingati didirikannya World Health Organization oleh PBB dan membuka mata masyarakat untuk lebih menyadari masalah-masalah kesehatan secara global.

Kontribusi yang telah dilakukan oleh World Health Organization terhadap kesehatan dunia selama ini adalah membantu pemberantasan penyakit menular di seluruh dunia, memberikan bantuan obat-obatan bagi negara yang terkena musibah atau wabah penyakit, membantu meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak, serta membantu penelitian di bidang kesehatan.

Tema Hari Kesehatan Dunia tahun 2017 adalah ‘Depression: Let’s Talk’. Depresi merupakan suatu penyakit jiwa yang ditandai dengan tidak adanya semangat, merasa tidak berharga, merasa hampa, tidak memiliki harapan, pemikirannya berpusat pada kegagalan, perasaan sedih yang berlebihan, murung, sampai pikiran untuk melakukan suicide atau bunuh diri.

Depersi terdiri atas 3 tingkatan; Depresi Ringan yang ditandai dengan menurunnya aktivitas, konsentrasi, dan kepercayaan diri, Depresi Sedang yang ditandai dengan kepesimisan terhadap masa depan, serta Depresi Berat yang ditandai dengan sulit tidur secara terus menerus, berhalusinasi, dan berkeinginan untuk melakukan bunuh diri.

Membicarakan dan berdiskusi dengan orang lain, dapat memberikan solusi bagaimana cara meredam rasa depresi yang dialami dan membuat diri Anda untuk merasa lebih baik. Bercerita kepada orang-orang terdekat, seperti keluarga dan sahabat, bertujuan untuk mencegah depresi ringan berlanjut menjadi depresi sedang dan berat. Selain itu, jika memang diperlukan, bisa secara khusus mengikuti terapi. Melalui terapi akan diajarkan untuk mengetahui seluk beluk depresi, mengenali masalah yang dihadapi dan mencari cara yang lebih efektif untuk mengatasi masalah yang dimiliki.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:

https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Kesehatan_Sedunia

http://nurulhedayat.blogspot.co.id/2013/07/organisasi-organisasi-yang-berada-di.html

http://www.who.int/campaigns/world-health-day/2017/en/

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/57248/4/Chapter%20II.pdf

Share this Post:

Related Posts: