Hari Keluarga Berencana

hari-keluarga-berencana_q2TF.jpg

Hari Keluarga Berencana


Setiap tanggal 29 Juni, negara kita merayakan Hari Keluarga Berencana yang diselenggarakan di berbagai provinsi yang berbeda. Peringatan ini mengandung nilai sejarah karena menjadi tanda dimulainya kesadaran keluarga Indonesia akan pentingnya membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera. Keluarga Berencana sendiri merupakan gerakan mengajak masyarakat untuk membatasi kelahiran agar tercipta keluarga yang sehat dan sejahtera.

Pada awal kemerdekaan tepatnya sekitar tahun 1950-an, masyarakat Indonesia merasakan euphoria yang luar biasa atas menangnya Rakyat Indonesia dalam merebut tanah air dari para penjajah. Banyak orang merayakannya dengan berusaha memperoleh anak sebanyak - banyaknya. Bahkan kalangan muda pun ingin segera menikah agar mendapatkan banyak anak. Semenjak saat itu, hingga tahun seterusnya, penduduk Indonesia mengalami peningkatan yang cukup drastis. Maka, para aktivis mulai merencanakan kampanye keluarga berencana kepada masyarakat. Namun dilakukan secara sembunyi - sembunyi karena pada zaman itu pemerintah sangat anti dengan keluarga berencana.

Ketika kekuasaan Indonesia berganti menjadi Presiden Soeharto, terjadilah perkembangan organisasi perkumpulan kerluarga berencana tersebut menjadi lembaga semi pemerintah bernama Badan Koordinasi Keluarga Berencana (LKBN) pada tanggal 17 Oktober 1968. Dalam programnya, lembaga ini menganjurkan setiap keluarga cukup mempunyai “dua anak, laki - laki atau perempuan sama saja”. Semenjak saat itu hingga sekarang, slogan tersebut terus diumumkan kepada masyarakat untuk menyadari bahwa lebih baik mempunyai anak 2 saja tetapi tingkat pendidikan dan kesejahteraan bisa mereka dapatkan.

Semoga dengan adanya Hari Keluarga Berencana, banyak masyarakat yang menyadari arti penting keluarga sesungguhnya dan meninggalkan perumpamaan yang mengatakan “banyak anak banyak rejeki”. Sebab yang menjadi hal terpenting adalah bagaimana keluarga dapat memberikan perhatian dan kebutuhan utama seperti pendidikan dan kehidupan yang layaknya kepada anak - anaknya.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
dalduksulbar.com
antoksoesanto.blogspot.co.id

Share this Post:

Related Posts: