Tips Menjalin Hubungan Baik dengan Bawahan

tips-menjalin-hubungan-baik-dengan-bawahan_Frmc.jpg

Tips Menjalin Hubungan Baik dengan Bawahan


Dalam dunia kerja, pasti akan ada yang namanya atasan dan bawahan. Seorang bawahan tidak dapat bekerja tanpa naungan dari atasannya, begitu pula sebaliknya. Namun, terkadang atasan suka dianggap menakutkan bagi karyawannya sehingga hubungan yang terjalin di antara keduanya terasa canggung dan jauh.

Berikut tips menjalin hubungan baik dengan bawahan:
1. Memberikan contoh
Sebagai atasan, berusahalah untuk memberikan contoh kerja yang baik daripada hanya memberi perintah tanpa ada perbuatan. Memberi contoh tidak hanya akan menjadi panutan, tetapi juga akan lebih dihargai dan disegani oleh karyawannya.

2. Mendengarkan opini bawahan
Terkadang,tanpa Anda sadari, sikap yang dimiliki mungkin tidak disukai oleh orang sekita Anda. Maka tidak ada salahnya jika sebagai atasan Anda mendengarkan pendapat ataupun masukan dari bawahan terkait sikap dan kepemimpinan Anda.

3. Memberi penghargaan
Tips terakhir ini yang terkadang terlupakan oleh para atasan. Semua orang tentu akan merasa senang jika dihargai apalagi diberi penghargaan oleh orang lain apalagi atasan terkait kinerjanya. Memberi penghargaan kepada karyawan tidak hanya akan membuat mereka senang, tetapi akan membuat mereka merasa dihargai dan diakui menjadi bagian perusahaan.

Menjadi atasan memang diperlukan ketegasan dan profesionalisme yang ditujukan kepada bawahan. Namun, menjalin hubungan yang baik menjadi kunci utama untuk mencapai tujuan perusahaan. Bahkan Anda juga mendapat relasi baru dan teman di luar kegiatan kerja.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk


Reference:
www.jurnal.id

Share this Post:

Related Posts: