Cara Penulisan Email yang Kompeten

cara-penulisan-email-yang-kompeten_p72S.jpg

Cara Penulisan Email yang Kompeten


Sejak zaman sekolah hingga bekerja, Anda tidak akan pernah terlepas dari menggunakan email. Bahkan di lingkungan kerja, menulis email sangat dibandingkan dengan sisi profesional seseorang. Ketika Anda ingin melamar kerja, cara penulisan email sangat mempengaruhi apakah Anda akan diterima atau tidak. Jadi jangan sampai karena kesalahan sepele membuat Anda ditolak kerja.

Berikut cara menulis email yang kompeten:
1. Ganti kata “maaf” dengan “terima kasih”
Ketika seseorang mendapat balasan email tetapi telat membalas, hindari penggunaan kata maaf. Cobalah gunakan kalimat “terima kasih atas kesabarannya”. Kalimat ini lebih terdengar profesional dan terkesan ketika membaca email balasan dari Anda.

2. Hindari kalimat “Saya tidak tahu”.
Jika ditanya hal yang tidak Anda ketahui, cobalah untuk berusaha mencari tahu. Kalimat saya tidak tahu memberikan kesan malas. Tapi ketika Anda menggunakan kalimat “saya akan mencari tahu”, hal ini tidak hanya membuat atasan Anda senang, tetapi Anda pun akan terdengar lebih profesional dan inisiatif.

3. Jawaban ketika sedang tidak ada pekerjaan
Ketika Anda diajak bertemu untuk suatu interview atau meeting, hindari penggunaan kata “sedang tidak ada kerja”. Hal ini memberikan pertanyaan tersendiri bagi orang lain. Sebab, seorang karyawan tentu tidak mungkin luput dari pekerjaan. Sehingga ketika Anda ditanya, gunakanlah kalimat “saya belum ada jadwal pertemuan apapun”. Kalimat ini lebih terkesan profesional dan kompeten karena terdengar seperti seorang yang sibuk, berlainan dengan kalimat sebelumnya.

Menulis email bisa dikaitkan dengan kepribadian seseorang. Oleh karenanya, berusahalah untuk mengganti kalimat yang selama ini digunakan dengan kalimat yang lebih kompeten. Bahkan jika Anda sadari, ternyata banyak kata yang sebenarnya lebih pantas digunakan untuk kalangan profesional, hanya saja kita terbiasa dengan kalimat yang lazim digunakan di kalangan umum.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk


Reference:
life.idntimes.com

Share this Post:

Related Posts: