Artikel - Etika Berbusana di Lingkungan Kerja

artike-etika-berbusana-di-lingkungan-kerja_bpRM.jpg

Etika Berbusana di Lingkungan Kerja


Penampilan mencerminkan sikap dan kepribadian seseorang, terutama ketika hendak pergi bekerja. Dalam dunia kerja, setiap Perusahaan memiliki aturan yang berbeda - beda, termasuk mengatur cara berpakaian para karyawannya.  Namun, mungkin Anda dan sebagian orang merasa bingung bagaimana cara berpakaian di hari pertama kerja.

Berikut beberapa tips berpakaian sesuai dengan etika kerja yang bisa Anda terapkan:
1. Pelajari aturan kantor
Gunakan kesempatan di hari pertama kerja dengan mencari tahu aturan apa saja yang diperbolehkan dan tidak saat berada di lingkungan kantor, terutama etika busana yang diterapkan. Pelajari dan pahami setiap poin yang tertera pada aturan berbusana untuk memandu Anda dalam berpakaian di lingkungan kerja.

2. Perhatikan busana rekan kerja
Cara paling mudah memahami gaya berbusana di lingkungan tempat kerja Anda adalah dengan memperhatikan cara berpenampilan semua rekan kerja, mulai dari pakaian yang digunakan hingga alas kaki.

3. Sesuai dengan aturan
Beberapa tempat kerja ada yang mengharuskan karyawannya untuk berpakaian formal, ada juga yang berpakaian santai. Jika aturan yang ditetapkan berpakaian formal, gunakan setelan pakaian formal seperti kemeja dan celana / rok bahan dan sepatu pantofel. Namun jika menggunakan pakaian santai atau casual, jangan lupa untuk tetap berpakaian rapi dan sopan. Tetap gunakan celana panjang dan atasan berlengan.

4. Jaga penampilan
Selain berpakaian, penampilan yang baik juga menjadi tolak ukur seseorang dalam bekerja. Pastikan rambut Anda tertata dengan rapi dan tetap menjaga kebersihan serta kewangian Anda dalam bekerja.

Menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar sangat diperlukan, tetapi jangan sampai gaya berpakaian santai yang Anda gunakan justru membuat Anda terlihat tidak profesional. Gaya berpakaian seperti apapun yang diterapkan Perusahaan Anda, tetaplah bersikap bijak dalam memilah pakaian apa saja yang layak untuk dipergunakan saat bekerja.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:
cantik.tempo.co

Share this Post:

Related Posts: