Artikel - Cara Meningkatkan Leadership Skill

artikel-cara-meningkatkan-leadership-skill_MMA9.jpg

Cara untuk Meningkatkan Leadership Skill


Leadership skill merupakan kemampuan seseorang untuk menginspirasi orang lain agar dapat bertindak sesuai rencana demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Leadership skill tidak selalu hanya dimiliki oleh seseorang dengan jabatan tinggi, tetapi juga berlaku untuk individu. Karena dengan memiliki kemampuan leadership maka seseorang akan lebih merasa Percaya Diri dalam lingkungannya.

Berikut adalah 4 cara utama untuk meningkatkan leadership skill Anda, yaitu:
1. Memiliki visi kedepan dan berpengetahuan luas
Milikilah visi yang jelas dan dapat dilaksanakan, karena dengan begitu dapat memotivasi rekan kerja dan memberikan arahan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Selain itu, banyaklah membaca dan menambah pengetahuan tentang pekerjaan yang Anda kerjakan. Dengan banyaknya pengetahuan, maka kemampuan untuk memecahkan masalah akan semakin meningkat.

2. Bersikap tegas dan berpikiran terbuka
Bersikap tegas yang dimaksud adalah tidak lalai dalam pekerjaan dan tidak membiarkan adanya pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dalam tim. Tidak hanya tegas ada baiknya juga memiliki pikiran yang terbuka, terbukalah untuk menerima masukan dan kritikan dari rekan kerja Anda.

3. Dapat menjadi sosok inspiratif
Menjadi sosok inspiratif dapat meningkatkan rasa percaya diri, wawasan dan pikiran-pikiran Anda yang rasional. Jadilah sosok inspiratif yang dapat memotivasi rekan kerja, menjadi pendengar yang baik, dan dapat selalu memberi masukan saat berdiskusi dengan tim.

4. Bersikap positif dan proaktif
Memiliki sikap positif dan proaktif mampu meningkatkan jiwa kepemimpinan Anda. Janganlah langsung panik dan berputus asa saat menghadapi masalah. Tetap tenang dan berpikir positif, dan cobalah untuk mencari solusi atau jalan keluar untuk memecahkan masalah tersebut.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
rajapresentasi.com
forum.detik.com
www.idntimes.com

www.pelatihan-sdm.net
kuswarno.wordpress.com
www.prosperomanagement.com

Share this Post:

Related Posts: