Artikel - Hari Buku Nasional

artikel-hari-buku-nasional_YN9J.jpg

Hari Buku Nasional


Hari Buku Nasional jatuh pada tanggal 17 Mei, bertepatan dengan didirikannya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Jakarta pada tanggal 17 Mei 1980 silam. Peringatan ini diadakan untuk meningkatkan minta baca masyarakat Indonesia khususnya para remaja dan anak - anak.

Sekarang ini, hanya sedikit anak - anak yang tertarik untuk membaca buku sedangkan yang lainnya lebih tertarik dengan gadget yang dimilikinya. Kecenderungan inilah yang menimbulkan keprihatinan masyarakat khususnya para petinggi negeri. Sebab membaca buku memiliki manfaat yang begitu banyak bagi semua orang. Menurut penelitian yang dilakukan Most Littered Nation In the World 2016, minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara. Hal ini berbanding terbalik dengan penggunaan internet di Indonesia yakni sebesar 86.3 juta jiwa.

Seiring berkembangnya jaman, buku fisik sudah beralih ke elektronik seperti aplikasi bernama Wattpad. Diharapkan dengan adanya penyesuaian teknologi semacam ini, banyak masyarakat yang tertarik dan meningkatkan minat baca bahkan menuangkan ide - ide kreatif dengan membuat cerita yang bisa dikonsumsi oleh pembaca lainnya.

Buku adalah jendela dunia. Maka marilah kita tingkatkan minat membaca buku demi mendapatkan informasi dan ilmu baru yang dapat berguna untuk keseharian dan masa depan kita!

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
nationalgeographic.co.id
hot.detik.com

Share this Post:

Related Posts: