Artikel - Hari Kekayaan Intelektual Sedunia

artikel-hari-kekayaan-intelektual-sedunia_qI2P.jpg

Hari Kekayaan Intelektual Sedunia


Setiap orang memiliki kemampuan dan kecerdasan yang berbeda sesuai dengan bidangnya masing - masing. Kecerdasan tersebut bisa membuahkan suatu hasil karya yang tentu ingin diapresiasi oleh orang lain. Sebab itu, munculah istilah Hak Kekayaan Intelektual (HAKI / HKI) yang berarti hak yang diberikan kepada setiap kreativitas intelektual seseorang yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

Undang - undang mengenai HKI sendiri pertama kali lahir di Venice, Italia tahun 1470 mengenai masalah paten atas penemuan ataupun karya - karya yang dihasilkan. Hukum paten tersebut kemudian diadaptasi oleh Kerajaan Inggris tahun 1500-an yang melahirkan hukum paten pertama di Inggris. Hingga pada tahun 2001, World Intellectual Property Organization (WIPO) menetapkan tanggal 26 April sebagai Hari Kekayaan Intelektual Sedunia.

Semenjak dideklarasikannya Hari Kekayaan Intelektual Sedunia, Indonesia sebagai salah negara anggota WIPO turut merayakan kemeriahan HKI tersebut. Bahkan di Indonesia sendiri telah lahir UU yang mengatur Hak Kekayaan Intelektual, yakni UU No. 19 Tahun 2002 setelah melalui berbagai revisi beberapa kali sebelumnya.

Melalui penetapan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia, marilah kita bersama - sama menghargai dan mengapresiasi karya ciptaan orang lain dengan tidak melakukan plagiarism ataupun pembajakan, baik berupa buku, film, lagu, dan lain sebagainya.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References :
www.isigood.com
sejarahri.com

Share this Post:

Related Posts: