Artikel - Pentingnya Menulis Deskripsi Pengalaman Kerja

artikel-pentingnya-menulis-deskripsi-pengalaman-kerja_4K1C.jpg

Pentingnya Menulis Deskripsi Pengalaman Kerja

Pada saat menulis resume atau membuat profil online, kebanyakan orang akan lebih menghabiskan waktu untuk menulis keterampilan dan melampirkan riwayat pekerjaan daripada hal yang lain. Memang keterampilan dan latar belakang pekerjaan Anda merupakan pertimbangan terbesar HRD. Tapi, ada satu hal penting yang sering kali diabaikan yaitu deskripsi pengalaman kerja.

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda membuat deskripsi pengalaman kerja yang informatif dan singkat, yaitu:
1. Tulislah daftar pengalaman Anda (nama jabatan, nama Perusahaan, lokasi, dan lama bekerja) dengan jelas, dan buatlah dimulai dari pengalaman yang terkini terlebih dahulu.

2. Kemudian deskripsikanlah dengan singkat tanggung jawab Anda selama menjabat. Awali dengan kata kerja yang kuat seperti “mengembangkan”, “mengorganisir”, “mengelola” dan “menyelesaikan”. Fokus pada keterampilan dan kekuatan yang Anda miliki dan yang Anda identifikasikan sebagai sesuatu yang penting dalam bidang Anda.

3. Buatlah dalam bentuk poin atau paragraf untuk membedakan, dan batasi deskripsi pengalaman kerja Anda menjadi tiga atau empat poin penting.

4. Pelajari kata kunci yang harus Anda sertakan untuk setiap pekerjaan. Jika ragu, lihat pada deskripsi pekerjaan yang sesungguhnya dan deskripsikan keterampilan yang diperlukan untuk pekerjaan yang sedang Anda lakoni dan tinjau profil teman dan rekan kerja Anda.

Penulisan despkripsi pengalaman kerja akan memberikan manafaat juga bagi Perusahaan, yang memudahkan dalam mengalokasikan sumber daya dengan tepat sesuai dengan kemampuan dan pengalaman Anda.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:
id.jobsdb.com

Share this Post:

Related Posts: