Artikel - Langkah - Langkah Menentukan Prioritas Kerja

artikel-langkah-langkah-menentukan-prioritas-kerja_GUl6.jpg

Langkah - Langkah Menentukan Prioritas Kerja


Menentukan prioritas merupakan hal yang penting, terutama di dalam dunia kerja. Prioritas merupakan skala pengukuran pekerjaan mana yang terpenting dan harus diselesaikan tepat waktu dan mana yang tidak. Prioritas kerja juga merupakan salah satu cara yang sangat ampuh untuk meraih kesuksesan dalam berkarir. Skala prioritas dalam bekerja biasanya dikarenakan faktor status sosial dari seorang pekerja tersebut, yang mana hal ini dapat berimbas pada prioritas yang dipilihnya.

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menentukan skala prioritas, yaitu:
1. Analisa pekerjaan
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menganalisa pekerjaan Anda. Pekerjaan mana yang memberikan nilai yang besar terhadap perusahaan atau organisasi Anda. Hal ini dilakukan untuk memahami skala prioritas dari pekerjaan Anda dan menemukan bagian mana yang sulit dan mudah. Dan setelah itu berikanlah urutan dari pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

2. Menyusun jadwal bekerja
Buatlah daftar pekerjaan Anda dimulai dari pekerjaan yang memiliki urgensi tinggi. Dan sebisa mungkin buatlah perhitungan berdasarkan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada, agar tidak tertinggal deadline.

3. Menentukan tujuan utama
Akan lebih baik jika Anda memiliki tujuan dari sebuah pekerjaan yang Anda lakukan selama satu minggu. Dengan begitu Anda dapat melakukan pekerjaan sesuai tujuan utama terlebih dahulu baru setelah itu kerjakan pekerjaan selanjutnya.

4. Delegasikan pekerjaan
Setelah Anda mengetahui mana yang penting dan tidak, Anda bisa menentukan pekerjaan mana yang bisa didelegasikan., pekerjaan mana yang bisa ditunda atau harus segera dilakukan. Meminta bantuan orang lain tidak masalah asalkan Anda jangan berikap agresif terhadap mereka. Mengurangi pekerjaan pun tidak masalah asal tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

Mulailah tentukan prioritas pekerjaan Anda, jangan sampai karena merasa sulit menentukan membuat pekerjaan anda jadi terbengkalai. Dengan menentukan skala prioritas Anda dapat meningkatkan produktifitas dan terhindar dari hutang waktu akibat menunda pekerjaan. Semoga bermanfaat.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:
blog.midtrans.com
segiempat.com
zahiraccounting.com

Share this Post:

Related Posts: