Artikel - Karakteristik Generasi Millennial dalam Bekerja

karakteristik-generasi-millennial-dalam-bekerja_I0vl.jpg

Karakteristik Generasi Millennial dalam Bekerja


Generasi millennial menjadi generasi yang paling seru dibahas saat ini, generasi yang lahir di tahun 1984-1994 atau sebagian menyebut sampai tahun 2000, diyakini memiliki karakteristik khas yang jauh berbeda dengan generasi sebelumnya yaitu baby boomer. Sebagai generasi yang merajai usia produktif sekaligus sebagai konsumen terbesar di masa modern, kaum millennial sering dijadikan subyek penelitian.

Berikut 4 hal yang paling sering dikaitkan dengan generasi millennial, yaitu:

1. Tingkat ketergantungan pada orang tua tinggi.

Hal ini didasarkan pada data jumlah anak muda millennial banyak yang masih tinggal dengan orang tua dibandingkan dengan generasi 60-an. Sebagian besar anak kuliah memang tinggal dengan orang tua bila lokasinya memungkinkan untuk alasan biaya. Sementara di usia yang sama, kebanyakan dari baby boomer memang sudah memasuki usia kerja karena masih minimnya akses pendidikan.


2. Ketergantungan pada gadget dan media sosial tinggi.
Generasi millennial memang lebih peka pada teknologi dibandingkan dengan  generasi sebelumnya, tetapi bukan berarti anak muda anti pada kehidupan nyata. Sebuah penelitian di Bentley University, menyebutkan dari sejumlah responden, sebagian besar memilih bercakap langsung tatap muka kepada kolega bila situasi memungkinkan. 14% memilih via teks, dan 19 lainnya memilih email.

3. Hobi pindah pekerjaan.
Stigma yang lekat untuk anak millennial adalah keinginan untuk terus berganti pekerjaan. Biasanya 12-18 bulan sudah menjadi waktu maksimal “anak kekinian” untuk tinggal di satu Perusahaan. Ini jelas berbeda dengan generasi pendahulu yang bisa berpuluh-puluh tahun bekerja di bidang yang sama. Alasannya sebenarnya sederhana, generasi millennial mengingingkan karier yang ada peningkatan. Jenjang karier yang terus ke atas adalah prestasi yang layak dikejar.


4. Tingkat konsumtif tinggi
Harus diakui, anak muda pada masa sekarang memang mayoritas gemar berbelanja. Karena itulah meskipun mendapat gaji besar, tapi menabung adalah hal paling sulit bagi kaum millennial.
Itu dia beberapa karakteristik yang sering dikaitkan dengan generasi millennial. Jadi, apakah itu mitos atau fakta?

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:
www.hipwee.com

Share this Post:

Related Posts: