Artikel - Hari Hutan Sedunia

artikel-hari-hutan-sedunia_Q5Af.png

Hari Hutan Sedunia


Hutan memegang peranan penting bagi seluruh kehidupan di bumi. Hampir seluruh makhluk hidup bergantung pada keberadaan hutan itu sendiri. Maka tidak heran jika hutan disebut sebagai gudang keanekaragaman hayati di dunia karena banyaknya hewan dan tumbuhan yang dapat ditemui di dalamnya.

Keberlangsungan hidup manusia juga sangat bergantung dari hutan. Mulai dari hasil alam berupa kayu, non kayu, hingga ketersediaan air tawar untuk kebutuhan sehari - hari, ekologi dan perekonomian. Namun, semakin banyaknya populasi, maka permintaan akan bahan baku kayu dan non kayu pun turut meningkat. Peningkatan permintaan ini membuat manusia menjadi semena - mena terhadap kelestarian hutan di sekitarnya. Bahkan kerusakan alam pada hutan setiap tahunnya meningkat, baik karena penggundulan ataupun pembakaran hutan itu sendiri.

Menyadari arti penting akan hadirnya hutan, Dewan PBB mendeklarasikan Hari Hutan Sedunia atau International Day of Forest yang jatuh pada tanggal 21 Maret setiap tahunnya. Peringatan hari besar ini merupakan salah satu upaya untuk menyebarluaskan peran penting hutan dalam menyeimbangkan siklus kehidupan di bumi kepada masyarakat seluruh dunia.

Dengan adanya kesadaran dalam diri mengenai betapa bergantungnya hidup kita pada kehadiran hutan, maka marilah kita bersama - sama turut serta melindungi dan melestarikan hutan demi keberlangsungan hidup kita dan anak cucu kita di generasi yang akan datang. Jangan sampai kita menyesal jika suatu saat terjadi global warming yang begitu hebat karena tidak berbuat apa - apa demi bumi kita sendiri.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
nationalgeographic.co.id
kompasiana.com

Share this Post:

Related Posts: