Artikel - Hari Dongeng Sedunia

artikel-hari-dongeng-sedunia_dPAR.png

Hari Dongeng Sedunia


Hari Dongeng Sedunia dirayakan setiap tanggal 20 Maret. Pada tanggal tersebut, terjadi momen langka di mana matahari tepat melewat garis khatulistiwa yang kemudian dimanfaatkan oleh kaum Skandinavia / Nordik (Eropa Utara) untuk mengadakan “Ala beratteras dag” atau “All Narators Day” di tahun 1991 silam.

Acara tersebut diselenggarakan guna untuk merayakan kesenenian bertutur, terutama karena Kaum Nordik memiliki banyak mitologi tua yang selalu diturunkan dari generasi ke generasi. Semenjak itu, negara - negara lain di dunia turut merayakan Hari Dongeng Sedunia setiap tanggal 20 Maret. Kegiatan perayaan hari besar itu pun dilakukan dengan sangat sederhana di mana semua orang hanya ikut berpartisipasi untuk mendengarkan cerita ataupun yang turut memberikan cerita.

Di Indonesia sendiri, dongeng sudah menjadi suatu budaya turun - temurun karena memiliki nilai positif di dalamnya. Sayangnya semakin berkembang jaman, sudah semakin sedikit dongeng yang diceritakan. Padahal dengan kemajuan teknologi saat ini, masyarakat seharusnya memanfaatkan fasilitas yang ada untuk melestarikan dan mengembangkan budaya dongeng Indonesia.

Sebagai generasi penerus bangsa, marilah kita turut serta mengambil bagian dalam pengembangkan budaya dongeng yang hanpir punah ini. Sebab dongeng sendiri memiiki banyak nilai dan makna positif yang dapat membantu generasi penerus, terutama anak - anak untuk bertingkah dan bertutur baik dalam hidupnya.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

poskotanews.com
ayodongengindonesia.com

Share this Post:

Related Posts: