Artikel - Kenapa Magang Penting?

artikel-kenapa-magang-penting_qOHy.jpg

Kenapa Magang Itu Penting?

Hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia mengharuskan mahasiswa/i nya untuk mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau magang. Program magang tersebut biasanya dilakukan pada semester tingkat akhir yang merupakan salah satu syarat kelulusan. Namun, masih banyak orang yang tidak mengetahui tingkat kepentingan diadakannya program magang itu sendiri.

Berikut beberapa alasan mengapa magang itu penting:
1. Aplikasi Teori
Saat duduk di bangku kuliah, Anda pasti diberikan banyak teori - teori yang berhubungan dengan program studi Anda. Dengan adanya program magang,    Anda dapat mempraktekkan dan mengembangkan teori yang sudah diberikan dosen semasa kuliah ke dalam pekerjaan nyata.

2. Menambah koneksi
Magang di perusahaan tentu akan mempertemukan Anda dengan banyak orang dengan latar belakang pendidikan dan bidang kerja yang berbeda - beda. Berosialisasilah dengan mereka, karena siapa tahu suatu saat Anda memerlukan mereka untuk memperluas karir Anda.

3. Menambah wawasan
Saat melakukan program magang di perusahaan, Anda akan banyak dihadapkan dengan orang - orang yang sudah ahli di bidangnya. Gunakanlah    kesempatan ini untuk “mencuri” sedikit ilmu yang mereka punya yang mungkin bisa Anda jadikan pengalaman karir kedepannya.

4. Pelengkap CV
Kelak ketika Anda ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan, mereka pasti akan melihat riwayat pekerjaan apa saja yang pernah Anda lalui. Dengan pengalaman magang yang didapat, Anda dapat melengkapi CV dengan menulis riwayat magang Anda sebagai bukti bahwa Anda pernah menjalani kerja paktek sebelumnya.

Sebagian besar mahasiswa merasa jika program magang hanya sebatas syarat kelulusan kuliah saja. Pemikiran seperti ini yang akhirnya membuat mahasiswa menjalankannya dengan bermalas - malasan. Padahal, jika Anda melihatnya dari sisi positif, program magang bisa menjadi fondasi dalam menunjang karir Anda di dunia kerja yang nyata ke depannya.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
https://life.idntimes.com/career/fransisca-stefanie-chandra/alasan-mutlak-kenapa-proses-magang-itu-penting-untuk-jenjang-karier-c1c2/full

https://www.rappler.com/indonesia/gaya-hidup/163497-alasan-mengapa-program-magang-penting-diikuti


Share this Post:

Related Posts: