Artikel - Cara Menghadapi Rekan Kerja Pendiam

artikel-cara-menghadapi-rekan-kerja-pendiam_lxxJ.jpg

Cara Menghadapi Rekan Kerja Pendiam

Dalam dunia kerja, tentu Anda akan terbiasa bertemu dengan banyak orang dengan latar belakang kepribadian yang berbeda - beda. Salah satunya adalah rekan kerja yang pendiam. Terkadang, banyak orang merasa bingung bersosialisasi atau mendekatkan diri dengan rekan kerja yang satu ini.

Berikut cara menghadapi rekan kerja pendiam :
1. Bukalah topik pembicaraan
Rekan kerja yang pendiam mungkin tidak akan membuka perbincangan terlebih dahulu dengan orang lain. Maka, cobalah dekatkan diri Anda dengan mengajaknya berbincang-bincang baik mengenai kerjaan ataupun kehidupan pribadi. Semakin sering Anda berbicang dengannya, semakin Anda mengetahui alasannya berdiam diri.

2. Jangan berbasa - basi
Orang dengan kepribadian pendiam biasanya tidak suka dengan basa - basi. Jika Anda ada perlu atau ingin sekedar berbincang dengannya, jauhkan kalimat pembuka seperti basa - basi. Datangi dan bicaralah langsung ke pokok pembahasan.

3. Berilah pujian
Biasanya orang pendiam memiliki rasa kepercayaan diri rendah yang menganggap dirinya selalu sulit menyelesaikan tugasnya. Jika Anda meilhat rekan kerja yang seperti ini, berilah sedikit motivasi dan pujian ketika ia berhasil menyelesaikan tugasnya. Pujian yang Anda berikan akan bermakna positif untuk perkembangan dirinya menjadi sosok yang lebih percaya diri dan terbuka nantinya.

Rekan kerja pendiam bukan berarti sombong atau tidak ingin bergaul dengan sekitarnya. Hanya saja terkadang mereka merasa malu dan canggung untuk melakukannya. Berilah sedikit kesempatan padanya untuk menyesuaikan diri dan berusahalah untuk membantunya. Jangan menganggap remeh dan jauhi rekan kerja Anda dengan kepribadian ini, melainkan belajarlah untuk memahami dan menghargai orang lain sebagaimana Anda ingin dihargai.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
https://life.idntimes.com/career/iip-afifullah/kamu-punya-rekan-kerja-pendiam-ini-5-cara-menghadapi-sikapnya-c1c2/full

http://pusingkerja.blogspot.co.id/2017/09/menghadapi-teman-kerja-pendiam-ini-dia.html


Share this Post:

Related Posts: